Apresiasi Karya Kreatif Indonesia, Muda: Ajang Perluas Jaringan

Bupati Kubu Raya dan Wakil Bupati, Muda Mahendra dan Sujiwo.

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengapresiasi pergelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri ke-3 di Kubu Raya, tahun 2020. Menurutnya, KKI merupakan magnet pelaku UMKM guna percepatan perluasan jaringan.

“Karena yang penting ini kan jejaringnya dengan digitalisasi,” ujar Muda Mahendrawan, Jumat (20/11/2020).

Bacaan Lainnya

Muda menilai, keberadaan UMKM sangat penting dalam menopang ekonomi, mengangkat daya beli, dan mengurangi angka pengangguran. Eksistensi UMKM, menurutnya, sangat fundamental dan patut diprioritaskan, apalagi di era digitalisasi seperti sekarang.

“Kalau bisa produk lokal tapi go internasional. Karena sekarang ini semua sudah bisa mengakses,” sebutnya.

Ia menambahkan, pihaknya komit mendukung kiprah pelaku UMKM di Kubu Raya. Salah satunya dengan memberikan akses kepada pihak luar untuk dapat berinteraksi langsung dengan pelaku usaha. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten kini tengah fokus mempercepat pembangunan sistem informasi data berbasis keruangan (geospasial).

“Supaya lebih berintegritas dan orang lebih yakin dan akan puas karena mendapatkan produk langsung dari sumbernya,” tuturnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Agus Chusaini mengatakan, kegiatan itu bertujuan meningkatkan akses pasar pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Melalui KKI, UMKM binaan Bank Indonesia didorong untuk secara kontinu melakukan inovasi. Selain itu, mereka juga dituntut memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor.

“UMKM diarahkan untuk memanfaatkan fasilitas digital agar dapat menembus pasar internasional,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *