Tiga Karyawan dan Lima Pengunjung Warkop Asiang Positif Corona

RAPID TEST - Pengunjung Warung Kopi Asiang, di Jalan Merapi Pontianak menjalani rapid test, Rabu (18/11/2020). Hasilnya 23 orang reaktif. Mereka yang reaktif pun menjalani tes usap atau swab test.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan dari hasil tes usap, tiga karyawan dan lima pengunjung Warung Kopi Asiang dinyatakan positif Corona. Rabu (18/11/2020) lalu, Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pontianak melakukan tes usap di warung kopi legendaris tersebut.

“Sebelumnya ada 23 sampel yang diperiksa dengan hasil tiga orang karyawan warkop Asiang positif dan lima orang pengunjung positif, serta dua sampel di running ulang,” ujar Harisson.

Bacaan Lainnya

Sementara Asiang sendiri melakukan swab tes atau tes usap di klinik swasta usai terdeteksi reaktif. Hasilnya, dia negatif Corona.

Harisson mengatakan, belakangan banyak ditemukan kasus positif Covid-19 di warkop. Mulai dari pengunjung maupun karyawan.

“Pemilik atau pengusaha warung kopi seakan hanya berjanji untuk menertibkan pengunjungnya untuk menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Pengusaha warung kopi menyiapkan meja dan kursi berjarak dan terpisah. Namun, kalau pengunjung datang beramai-ramai, kursi ditarik berdekatan.

“Tapi pengusahanya hanya diam saja,” ungkapnya.

Harisson menegaskan, pengusaha tidak boleh membiarkan pengunjung terpapar Covid-19.

“Dalam hal ini yang perlu disanksi adalah pengusaha dan pengunjung. Pengusaha harus membayar denda dan pengunjung juga didenda atau melakukan kerja sosial. Jadi yang harus menegakkan adalah Satgas kabupaten kota,” ujarnya.

Ke depan, TNI Polri bersama Satgas Covid-19 akan lebih sering razia ke warkop atau tempat yang mengundang keramaian.

“Nah ini yang duduk di warkop bisa saja OTG tapi kalau bawa pulang ke rumah keluarga bisa saja terpapar kalau ada komorbid bisa berakibat fatal,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *