DPD RI Apresiasi Pameran Buatan Dalam Negeri di Surabaya

MENGUNJUNGI - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti saat mengunjungi salah satu stand UMKM di INAPRO 2020 Surabaya, Minggu (22/11/2020).(Istimewa)

SURABAYA, insidepontianak.com – Dewan Perwakilan Daerah mengapresiasi Indonesian Product Expo 2020 atau pameran produk buatan dalam negeri 2020 yang digelar di pusat perbelanjaan Grand City Surabaya yang dinilai dapat meningkatkan edukasi masyarakat mengenai produk lokal.

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti yang melakukan kunjungan bersama 28 anggota DPD pada pameran di Surabaya itu, Minggu, menyebutkan INAPRO Expo 2020 yang digelar Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur bisa menjadi kebangkitan ekonomi di masa pandemi, sebab ditandai dengan adanya aktifitas ekonomi.

Bacaan Lainnya

“Salah satu aktifitas ekonomi adalah pameran dagang. Di dalam pameran dagang, terjadi pertemuan antara buyer dan seller. Itulah pasar. Dan diharapkan terjadi transaksi. Itulah ekonomi. Dan sekaligus itulah ukuran keberhasilan sebuah pameran,” kata La Nyalla, bersama sejumlah anggota DPD RI yang lain saat mengunjungi stand UMKM dari berbagai daerah dan membeli sejumlah produk yang di pameran itu, dilansir dari Antaranews.

Senator asal Jatim tersebut mengaku bangga, sebab ada upaya KADIN Jawa Timur untuk memulai pameran dengan tagline, Bangga Buatan Indonesia.

“Karena ini sejalan dengan konsep yang digagas Presiden Joko Widodo yang disebut dengan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” ujar LaNyalla di lokasi pameran.

Ia mengatakan, promosi harus dimulai dari diri sendiri karena siapa lagi yang akan memulai melakukan promosi atas produk bangsa ini, kalau bukan bangsa sendiri.

“Itulah mengapa hari ini saya sempatkan untuk datang ke sini dengan mengajak banyak Senator dari beberapa provinsi di Indonesia, agar kerja KADIN Jatim ini menjadi inspirasi di daerah lain,” tuturnya menambahkan.

Pameran INAPRO dilakukan dengan dua model, yakni offline dan online atau fisik dan Virtual, bagi yang tidak hadir secara fisik, ditampung di dalam website produklokal.com, yang merupakan gagasan di tengah Pandemi saat ini.

Anggota DPD RI Asal Papua Barat, Yance Samonsabra yang ikut hadir dalam pameran itu mengaku juga sangat bangga dan tertarik dengan kegiatan pameran INAPRO Expo 2020 yang digagas KADIN Jatim.

“Kami tahu bahwa KADIN adalah salah satu lembaga yang bergerak dan menampung kegiatan yang bersifat menampilkan produksi dan potensi daerah tersebut,” ujar Yance.Baca juga:

Menurut Yance, saat ini adalah salah satu momen kebangkitan anak negeri untuk bisa bersaing. Dan yang harus dilakukan oleh anak negeri, khususnya millennial, adalah mengembangkan potensi dan ikut berpartisipasi membangun bangsa, lebih khusus mengangkat dan martabat wilayah masing-masing.

Masih menurut Yance, momen ini penting dan berharga sebagai bangsa yang menjadi ujung tombak pembangunan di masing-masing daerah, untuk terus menciptakan ide dan gagasan yang lebih inovatif dan berkesan, yang bisa dijual ke mancanegara.

“Saya respon dan saya ucapkan sukses kepada Kadin Jatim atas gelaran ini. Apa yang dilakukan di tempat ini menjadi contoh yang bisa ditiru di daerah. Bersama KADIN di daerah masing-masing kita berinovasi untuk munculkan produk unggulan,” tuturnya.

Sementara itu, pameran INAPRO digelar selama empat hari, yakni Kamis hingga Minggu (19-22 November 2020) dan diikuti sekitar 200 UMKM di Jatim dengan konsep Hybird.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *