Strategi Disporapar Kayong Utara Majukan Wisata Lokal

FOTO PEMKAB KAYONG UTARA

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kayong Utara, Tasfirani mengungkapkan ada lima poin yang harus dijalankan untuk memajukan wisata lokal.

Pertama, memajukan tingkat hidup masyarakat sekaligus melestarikan identitas budaya dan tradisi lokal. Kedua, meningkatkan pendapatan secara ekonomis sekaligus mendistribusikan merata pada penduduk lokal.

Bacaan Lainnya

Ketiga, berorientasi pada pengembangan usaha berskala kecil dan menengah dengan daya serap tenaga besar dan berorientasi pada teknologi tepat guna.

Keempat, mengembangkan semangat kompetisi sekaligus kooperatif. Kelima, memanfaatkan kegiatan pariwisata seoptimal mungkin sebagai agen penyumbang tradisi budaya dengan dampak seminimal mungkin.

Selain itu, dengan pelibatan masyarakat sejak awal akan lebih menjamin kesesuaian program pengembangan dengan aspirasi masyarakat setempat, kesesuaian dengan kapasitas yang ada, serta menjamin adanya komitmen masyarakat karena adanya rasa memiliki yang kuat terhadap kawasan wisata yang akan dikembangkan.

“Karena konsep pendekatan ini dalam jangka panjang akan memungkinkan tingkat kontinuitas yang tinggi,” terang Tasfiran.

Menurut Tasfirani, pengembangan pariwisata di Kabupaten Kayong Utara melalui pendekatan ini diharapkan akan mendorong terbukanya peluang kerja bagi masyarakat di sekitar kawasan/daya tarik wisata.

“Terbukanya akses bagi masyarakat sekitarnya untuk dapat berusaha serta menikmati fasilitas objek wisata tersebut, tanpa diskriminasi, sekaligus mendorong terlibatnya masyarakat dalam proses perencanaan kawasan, pemantauan serta pengendalian kegiatan,” tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *