Andi Ridwan: IPSI Kalbar Harus Kembali Berprestasi di Kancah Nasional

Bakal calon Ketua IPSI Kalbar, Andi Ridwan.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalbar, Andi Ridwan bertekad membangun prestasi pencak silat Kalbar kembali berprestasi di kancah nasional. Untuk mencapai target tersebut, setidaknya ada empat hal yang menjadi semangat utama yang akan diterapkannya dalam mengelola IPSI Kalbar di bawah komandonya.

Pertama, membangun antusiasme.

Bacaan Lainnya

“Saya ingin menggairahkan kembali semangat pencetak prestasi IPSI Kalbar. Memacu rasa lapar untuk terus berprestasi mengharumkan nama IPSI Kalbar,” katanya.

Yang kedua, membangun netralitas dalam pengelolaan organisasi IPSI. Supaya organisasi tersebut berdiri di atas semua golongan. Tanpa membedakan suku, agama, ras, di perguruan-perguruan silat yang ada di Kalbar.

“Semua perguruan silat harus dalam satu wadah IPSI,” tegasnya.

Ketiga, membangun disiplin agar IPSI sebagai wadah pencak silat serius dalam menata organisasi. Sesuai dalam menjalankan program yang sudah dicanangkan dan serius dalam mengejar prestasi.

Keempat, membangun integritas.

“Ini aspek yang utama. Melengkapi keseluruhan dari nilai dan semangat yang saya dituangkan dalam visi misi saya membangun IPSI. Harus jujur dan terbuka dalam membangun IPSI. Sehingga IPSI bisa mengayomi setiap pengurus cabang dan ranting perguruan silat yang ada,” tegasnya.

Menurut Andi Ridwan, sejak 12 tahun terakhir, prestasi IPSI stagnan. Padahal, dalam sejarahnya, IPSI punya catatan prestasi gemilang. Pernah juara dunia di ajang Sea Games.

Karena itu, dia bertekat akan kembali menghidupkan geliat pencak silat di Kalbar. Caranya mengaktifkan kembali padepokan perguruan silat.

“Ide menghidupkan lagi padepokan perguruan, akan kami laksanakan. Saya tertarik menjadi Ketua IPSI Kalbar itu, karena ingin menjaga budaya kearifan lokal. Aset bangsa kita ini harus kita kembangkan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Andi Ridwan terpilih menjadi Ketua IPSI Kalbar periode 2020-2024, berdasarkan hasil musyawarah daerah IPSI Kalbar yang digelar pada 21-22 November 2020 di Hotel Kapuas Palace.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *