Bupati Muda Apresiasi Kiprah FKUB Jaga Kerukunan Umat Beragama

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat menjadi narasumber Seminar “Peningkatan Mutu Madrasah Agar Bahagia”, di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (28/10/2020).(Prokopim Kubu Raya)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi kiprah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kubu Raya, yang mampu tampil sebagai perekat di tengah heterogenitas keberagamaan di Kubu Raya. Menurutnya, FKUB telah menunjukkan sinergi yang baik dengan pemerintah daerah.

“Ini merupakan suatu sinergi kepung bakul yang luar biasa,” ujar Muda Mahendrawan saat membuka kegiatan Musyawarah Daerah III FKUB Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (27/11/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, FKUB sangat dibutuhkan untuk memudahkan komunikasi di masyarakat dan seluruh komponen umat beragama. “Tidak basa-basi, saya berikan apresiasi yang tinggi kepada FKUB yang selama ini telah mengawal generasi,” ucapnya.

Dia berpesan FKUB harus berada di garis depan bersama semua tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menjalankan fungsi perekat di masyarakat. Terlebih di Kubu Raya yang heterogen bahkan menjadi miniatur Kalbar.

Ia mengatakan suasana kondusif dalam kehidupan beragama sangat penting. Sebab setiap umat beragama berkebutuhan untuk melakukan aktivitas keagamaannya dengan tenang. Dengan terpenuhinya kebutuhan rohaniah tersebut, maka ketenangan juga akan tercipta di masyarakat.

“Kalau orang resah karena sulit mengakses kebutuhan rohaniahnya, maka akan terjadi situasi yang tidak baik. Maka kita di Kubu Raya selalu berupaya memberikan pemahaman bahwa pelayanan itu adalah menghormati hak-hak dasar manusia bahkan sejak masih dalam kandungan,” tuturnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya, Nahruji Sudiman mengatakan FKUB merupakan salah satu kegiatan masyarakat dan organisasi kemasyarakatan yang difasilitasi oleh pemerintah di masing-masing tingkatan.

Karena itu, Kantor Kementerian Agama bersama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus bersinergi memberikan dukungan terhadap kiprah FKUB.

Di antara bentuk dukungan tersebut adalah menggelar dialog antarumat beragama dengan FKUB sebagai motornya. Selain itu Kementerian juga memberikan dukungan dana.

“Kami dari Kementerian Agama juga mengeluarkan berbagai macam regulasi terkait penguatan FKUB di Kubu Raya,” tambahnya.

Nahruji menerangkan kepengurusan FKUB diisi berbagai tokoh masyarakat dan lintas agama. Karena itu, FKUB punya posisi dan peran yang strategis bagi daerah.

“Dari Kementerian Agama terus memberi dukungan kepada FKUB untuk kemajuan Kabupaten Kubu Raya,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *