Dinkes Kalbar Tutup Sementara Dua Lab PCR Swasta di Pontianak

Kadinkes Kalbar, Harisson.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar memberhentikan sementara dua laboratorium PCR milik swasta di Kota Pontianak. Alasannya karena belakangan ini, hasil pemeriksaan Covid-19 di dua laboratorium itu dikeluhkan masyarakat.

“Kedua lab swasta ini, selama ini memang melakukan pemeriksaan swab. Tapi ada keluhan masyarakat. (Misalnya) setelah diperiksa lab Untan positif lalu diperiksa di lab itu negatif,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson.

Kasus lainnya, ada pula masyakat yang memeriksakan Covid-19 di dua laboratorium swasta itu, karena punya riwayat kontak dengan pasien positif. Namun hasil pemeriksaaan PCR-nya negatif. Namun, beberapa hari kemudian yang bersangkutan menderita anosmia, atau timbul penyakit.

“Jadi, berdasarkan keluhan itu, kami memang meminta kedua lab itu melakukan uji mutu dulu, atau biasa disebut pemantauan mutu eksternal,” jelasnya.

Uji mutu dua laboratorium swasta itu, melalui proses pengiriman 20 sampel yang menurut mereka positif Covid-19, dan 10 sampel yang menurut mereka negatif.

“30 sampel ini akan dikirim ke Jakarta. Nanti hasilnya dicocokkan, berapa persen akurasinya. Kedua lab ini sudah mengirimkan spesimen uji mutu. Tapi belum dapat hasilnya. Karena belum ada hasil, jadi setop sementara,” jelasnya.

Selain itu, Harisson juga menyampaikan, kedua laboratorium tersebut diminta memperhatikan tata cara pembuangan limbah.

“Mereka harus memperhatikan. Karena dikhawatirkan mencemari lingkungan di sekitar laboratorium tersebut,” pesannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *