Sosialisasi Program JKN-KIS, Alifudin dan BPJS Kesehatan Pontianak Temui Warga Rasau Jaya

SOSIALISASI - Anggota Komisi IX DPR-RI, Alifudin bersama BPJS Kesehatan Cabang Pontianak saat sosialisasi program JKN-KIS di Puskesmas Rasau Jaya, Senin (30/11/2020).

KUBU RAYA, insidepontianak.com – BPJS Kesehatan Cabang Pontianak bersama anggota Komisi IX DPR-RI, Alifudin mengunjungi masyarakat Kecamatan Rasau Jaya, Kubu Raya untuk menyosialisasikan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), di Puskesmas Rasau Jaya, Senin (30/11/2020).

Lima puluh warga yang hadir duduk dengan jarak teratur. Mereka pun menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ruangan. Penerapan protokol kesehatan, jadi acuan.

Bacaan Lainnya

Alifudin mengatakan kehadiran program JKN-KIS oleh BPJS kesehatan telah membawa dampak besar bagi dunia kesehatan di Indonesia. Kini, masyarakat lebih mudah mengakses layanan kesehatan. Sebelumnya, sebagian orang memilih tak berobat lantaran khawatir dengan pembiayaan.

“Jika dulunya masyarakat enggan berobat karena biaya mahal, kini masyarakat dapat menggunakan Kartu JKN-KIS untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah,” katanya.

Namun, dalam perjalanannya tentu masih ada hal-hal yang harus dimaksimalkan. Sosialisasi diharap jadi jembatan perbaikan lewat masukan masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Adiwan Qodar mengatakan BPJS Kesehatan akan terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Dengan hadirnya inovasi berbasis digital, akan mempermudah layanan tanpa harus datang ke kantor cabang.

“Seiring dengan usaha pemerintah menghentikan penyebaran virus Covid-19, BPJS Kesehatan berinovasi menciptakan layanan yang praktis dan mudah diakses oleh masyarakat tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan yaitu salah satunya melalui aplikasi Mobile JKN,” jelas Adiwan.

Adiwan menyebut, aplikasi Mobile JKN memberikan kemudahan akses urusan pendaftaran, perubahan data peserta, pengecekan iuran, informasi faskes terdekat, pendaftaran antrean faskes, melakukan skrining kesehatan, sampai menyampaikan pengaduan. Caranya hanya dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN melalui Playstore ataupun Appstore di ponsel pintar.

“BPJS Kesehatan juga menghadirkan layanan melalui PANDAWA (Pelayanan Administrasi dengan WhatsApp). Masyarakat dapat menghubungi nomor Pandawa di masing-masing Kantor Cabang BPJS Kesehatan untuk dapat mendapatkan layanan melalui chat WhatsApp,” tambah Adiwan.

Sebagai informasi untuk masyarakat yang berada di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Pontianak dapat menghubungi layanan Pandawa di nomor 081345089977.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *