Bupati Muda Ingin Pertumbuhan Ekonomi Kubu Raya Pascapandemi Merata

  • Bagikan
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan melepas kafilah Kabupaten Kubu Raya yang akan berlaga di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di kediamannya, Jalan Tanjung Sari Pontianak Tenggara, Minggu (6/9/2020) (Jaka Iswara)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra ingin, pertumbuhan ekonomi di Kubu Raya pascapandemi Covid-19 ini, berkualitas. Dalam arti, terjadi pemerataan di semua sektor.

“Ini yang kita kejar,” ujarnya usai mengikuti acara penyampaian gambaran pertumbuhan ekonomi semester II tahun 2020 yang dilaksanakan Bappeda Kubu Raya bersama BPS Kubu Raya, di Gardenia Hotel, Selasa (1/12/2020).

Berdasarkan paparan BPS, pertumbuhan ekonomi Kubu Raya pada smester II, dari Januari sampai November 2020, naik sebanyak 1,16 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut hanya didominasi di tiga sektor. Yaitu, sektor usaha kesehatan, telekomunikasi dan sektor pertanian.

Karena itu, Muda mendorong ke depan harus ada penguatan program pembangunan ekonomi di sektor-sektor lain. Seperti sektor pariwisata, transportasi, industri pengolahan dan lain-lain.

“Jadi pertumbuhan ekonomi itu, kalau dia tidak berkualitas, artinya tidak punya akses lebih merata, ini juga bahaya. Ketimpangan bisa tinggi,” tutupnya.

Kepala BPS Kubu Raya, Anton Manurung menyebutkan, sektor usaha yang sangat terdampak Covid-19 yaitu perhotelan, pariwisata, angkutan dan pergudangan, pendidikan dan jasa keuangan.

“Sektor-sektor ini yang sangat terpukul akibat pandemi ini,” ucapnya.

Karena itu, untuk meningkatkan kembali geliat ekonomi di sektor-sektor usaha tersebut, caranya, penerapan hidup tatanan baru di masa Covid-19 harus dijalankan.

“Kegiatan-kegiatan hotel harus tetap jalan, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Begitu pula di sektor pariwisata dan lain sebagainya,” tutupnya.

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: