Jaga Protokol Kesehatan, 80 Ponpes Terima Sarana CTPS

MENYERAHKAN - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyerahkan 80 unit sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) untuk 80 pondok pesantren di Kubu Raya, Selasa (1/12/2020).

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyerahkan 80 unit sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) untuk 80 pondok pesantren di Kubu Raya, Selasa (1/12/2020).

Penyerahan di halaman Kantor Bupati Kubu Raya dilakukan secara simbolis dengan penerima tiga perwakilan pondok pesantren. Dalam sambutan singkatnya Bupati Muda mengatakan sarana CTPS merupakan upaya menjaga pelaksanaan protokol kesehatan khususnya di lingkungan pondok pesantren.

Bacaan Lainnya

“Minimal mengingatkan. Meskipun mungkin di pondok sudah ada sarana ini, tetapi semakin banyak ditempatkan akan makin mudah untuk membiasakan. Karena yang namanya membangun kebiasaan ini memang harus masif dikepung,” ujarnya.

Muda mengatakan pelaksanaan protokol kesehatan harus mulai dijadikan kebiasaan yang melekat. Sehingga diharapkan dapat menjadi pikiran bawah sadar agar selalu terbiasa. Termasuk kebiasaan mencuci tangan memakai sabun, harus dijadikan sebagai budaya.

“Sehingga ketika ada pandemi seperti sekarang, misalnya, kita sudah tidak panik,” sebutnya.

Ia menilai meski tampak sederhana bahkan sepele, mencuci tangan memakai sabun adalah perilaku yang harus dimasifkan. Karena itu, dirinya berharap sarana CTPS dapat dijaga dan difungsikan sebagaimana mestinya.

“Mudah-mudahan nanti selalu bisa terawat dan airnya diisi terus. Sambil kita juga memperkuat sanitasi masyarakat lainnya seperti sumurbor dan sebagainya. Kita berusaha terus perkuat supaya pola hidup sehat masyarakat semakin baik,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Bupati Muda Mahendrawan juga menyerahkan satu unit mobil ambulans kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kubu Raya. Mobil ambulans diterima langsung Direktur RSUD dr. Asep Ahmad Saefullah. Kepada Direktur RSUD, Muda Mahendrawan berpesan agar ambulans dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Secara bertahap kita perkuat RSUD kita. Meskipun RSUD ini unggul dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, tapi tetap melayani juga untuk penyakit-penyakit secara umum,” terangnya. (ril/rio)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *