Pulihkan Ekonomi Pascapandemi, Bupati Muda Dorong Produksi Sektor Pertanian, Perkebunan dan UMKM

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra menyebutkan, pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 mesti dilakukan dengan memperkuat produksi di sektor pertanian, perkebunan dan UMKM.

“Kini ingin, sektor ini, menjadi basis penguatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kubu Raya,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Muda optimis, pertumbuhan ekonomi Kubu Raya di 2021 bisa tumbuh maksimal. Untuk mencapai hal itu, maka program-program pemberdayaan akan terus digalakkan.

Di samping itu, penanganan Covid-19 menjadi prioritas. Sebab, jika Covid bisa dikendalikan, maka otomatis kegiatan-kegiatan perekonomian akan berjalan baik.

Kepala BPS Kubu Raya, Anton Manurung juga meyakini, pertumbuhan ekonomi Kubu Raya di 2021 mendatang bisa maksimal. Kuncinya, penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

“Saya punya asumsi ya, Covid-19 kita kalau Desember ini habis (bisa dikendalikan) ekonomi Kubu Raya bisa tumbuh tiga sampai lima persen di tahun depan. Tapi kalau Covid-19 kita penyebaranmya semakin tinggi, maka untuk tumbuh di angka tiga persen saja akan sulit,” katanya.

Untuk diketahui, berdasarkan paparan BPS, pertumbuhan ekonomi Kubu Raya pada semester II, dari Januari sampai November 2020, naik sebanyak 1,16 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut hanya didominasi di tiga sektor. Yaitu, sektor usaha kesehatan, telekomunikasi dan sektor pertanian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *