Sambil Menunggu Datangnya Vaksin Corona, Pemkab Sanggau Siapkan Sarana dan Prasarana

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau. (Diskominfo)

SANGGAU, insidepontianak.com – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting mengatakan telah menyiapkan sarana dan prasarana sembari menunggu datangnya vaksin Corona dari pemerintah pusat.

“Kita Kabupaten Sanggau saat ini telah menyiapkan sarana kesehatan yaitu 19 Puskesmas juga tenaga administrasinya yang akan menginput ke aplikasi yang sudah disiapkan pemerintah pusat dan juga kita telah menyiapkan tim vaksinator. Petugas vaksin itu setiap Puskesmas nanti ada. Kita selama ini sudah ada tenaga vaksinasi, kalau kurang, nanti kita tambah. Tapi saat ini sudah cukup,” ujar Ginting.

Bacaan Lainnya

Untuk sarana dan prasarana, transportasi maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya, kata Ginting, saat ini tinggal menunggu jadwal pengiriman vaksin dari pemerintah pusat dan berapa jumlah yang akan didistribusikan.

“Kalau (anggaran) kita terbagi dalam beberapa anggaran, nanti ditambah lagi melalui Bantuan Tak Terduga (BTT). Tapi untuk sementara ini sekitar Rp 1,5 miliar. itu tahap pertama. Untuk persiapan saja. Kita sesuaikan kapan datang vaksinya. Informasinya bulan Januari,” beber Ginting.

Dinkes juga sudah menyiapkan tempat khusus penyimpanan vaksin jika nanti sudah didistribusikan dari pemerintah pusat.

“Ada yang namanya cold chain (rantai dingin) mulai dari kulkas vaksin, begitu juga vaccine carrier dari provinsi ke Puskesmas sampai ke desa nanti sudah siap. Sudah ada,” pungkasnya.

Ginting mengatakan, tenaga kesehatan akan menjadi prioritas mendapatkan vaksinasi.

“Dan juga umurnya sudah ditentukan, 18-59 tahun. Juga diseleksi lagi, yaitu orang-orang yang benar sehat. Jadi tidak ada komorbid, hipertensi, diabetes, tidak ada yang berisiko,” tuturnya. (Diskominfo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *