Bupati Erlina Siap Jadi Orang Pertama Penerima Vaksin Covid-19 di Mempawah

Bupati Mempawah, Erlina.

MEMPAWAH, insidepontianak.com Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Mempawah, Jamiril menyebutkan, Bupati Erlina sudah mendaftarkan diri menjadi orang pertama di Mempawah yang siap menerima vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Mempawah sendiri akan mulai dilaksanakan pada 18 Januari 2021.

Bacaan Lainnya

“Bupati (Erlina) meminta agar dirinya menjadi orang pertama yang disuntik imunisasi vaksin Covid-19. Rencananya akan dilakukan video conference agar setiap Puskesmas bisa melihat, melalui siaran langsung,” kata Jamiril, Rabu (12/1/2021).

Jamiril menyebutkan, setiap penerima vaksin Covid-19 nantinya, akan menjalani imunisasi sebanyak dua kali. Rentang waktu penyuntikannya dilakukan dua pekan sesudah penyuntikan pertama.

“Pertama, imunisasi diberikan untuk membentuk kekebalan tubuh. Kemudian dua pekan ke depan, akan disuntik lagi. Suntikan yang kedua ini untuk menambah kekuatan antibodi. Namanya suntik booster,” katanya, Rabu (13/1/2021).

Per hari ini, 12 Januari 2021, Kabupaten Mempawah sudah menerima 2000 dosis vaksin sinovac dari Dinkes Provinsi Kalbar untuk tahap pertama. Vaksinasi tahap pertama ini, akan diberikan kepada 893 tenaga kesehatan (nakes) yang sudah menaftar.

“Itulah sebabnya, untuk 893 orang tenaga kesehatan ini, dibutuhkan sekitar 2000 dosis. Karena satu penerima akan mendapatkan dua kali imunisasi,” katanya.

Secara umum, Jamiril menyebutkan, total penerima vaksinasi yang ada di Kabupaten Mempawah sesuai data dari Disdukcapil jumlahnya mencapai 150.517 orang. Sehingga total vaksin yang dibutuhkan mesti dua kali lipat dari jumlah tersebut.

“Karena, setiap penerima vaksin harus dua kali imunisasi. Maka, kebutuhan vaksin yang kita (Mempawah) butuhkan menjadi 300.000 dosis,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *