Dokter Kepresidenan Gemetar saat Suntik Vaksin Covid-19 ke Jokowi

Jokowi Suntik Vaksin
SUNTIK VAKSIN - Presiden RI Joko Widodo saat disuntik vaksin oleh dokter kepresidenan, Rabu (13/1/2020). (Tangkapan Layar YouTube BPMI)

JAKARTA, insidepontianak.com – Presiden RI, Joko Widodo menjalani penyuntikan vaksin di Istana Negara, Rabu (13/1/2021). Penyuntikan vaksin Sinovac tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua Dokter Kepresidenan, Prof Abdul Mutalib.

Tangan Abdul Mutalib tampak gemetaran saat menyuntikkan vaksin, di lengan kiri orang nomor satu di republik ini. Kendati demikian, seperti dilansir dari Antaranews.com, Abdul Mutalib menyebutkam tak ada masalah dalam penyuntikan itu.

Bacaan Lainnya

“Menyuntik orang pertama di Indonesia ada rasa juga. Tapi tak ada halangan bagi saya menyuntikkan. Pertama saja gemetaran. Tidak ada pendarahan di bekas penyuntikkan,” katanya.

Sebelum penyuntikan yang berlangsung singkat itu, Presiden melalui sejumlah tahapan. Pemeriksaan kelayakan penyuntikan vaksin. Jokowi melalui dua meja. Jokowi mulanya melakukan klarifikasi data di meja pertama.

Lalu mengecek tensi darah dan mengklarifikasi sejumlah data kesehatan di meja kedua. Selanjutnya, penyuntikan dilakukan oleh dokter kepresidenan di meja tiga.

Dokter menunjukkan vaksin yang digunakan adalah vaksin buatan Sinovac, perusahaan farmasi asal Cina. “Enggak terasa sama sekali,” ujar Jokowi sambil tertawa usai disuntik.

Setelah selesai, Presiden Jokowi diberikan kartu tanda telah disuntik di meja keempat. Kemudian, ia menunggu selama 30 menit untuk melihat reaksi yang ditimbulkan oleh vaksin Covid-19, misalnya apakah ada gejala, seperti alergi atau lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *