Banjir Lima Kecamatan di Landak, Korban Terdampak Termasuk Balita

Banjir Kabupaten Landak
Kondisi banjir di Kabupaten Landak. (Facebook Martin Teja)

LANDAK, insidepontianak.com – Sejumlah wilayah di Kabupaten Landak dilanda banjir, Kamis (14/1/2020). Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, banjir ini dipicu oleh hujan deras.

“Hujan deras sejak pukul 14.30 WIB kemarin, hingga pukul 22.10 WIB menyebabkan meluapnya beberapa sungai,” kata Kepala Pelaksana BPBD Landak, Herman Masnur.

Bacaan Lainnya

Sungai-sungai yang meluap tersebut lanjut Herman, seperti di Sungai Landak, Sungai Bahumukng, Sungai Sidas dan Sungai Tumila. Sementara untuk ketinggian airnya mencapai 60 sampai 110 cm.

Sementara daerah terdampak banjir terjadi di lima kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Air Besar di Desa Serimbu, Merayuh, Sepangah, Sempatung, Nyari dan Jambu Tembawang. Kemudian Kecamatan Kuala Behe di Desa Nyanyum, Kuala Behe, Permit, Tanjung Balai dan Kedama.

Selanjutnya, Kecamatan Sengah Temila di Desa Aur Sampuk, Senakin, Pahuman, Paloan, Keranji Mancal dan Sidas. Kecamatan berikutnya adalah Mandor yang terjadi di Desa Sebadu. Terakhir Kecamatan Ngabang di wilayah Desa Munggu, Hilir Kantor dan Hilir Tengah.

“Korban terdampak di Desa Aur Sampuk enam kepala keluarga terdiri dari 24 jiwa diantaranya empat balita. Sementara di Desa Keranji Mancal 30 KK. Di Aur Sampuk, empat unit rumah terendam sedalam 30-100 cm. Sementara lainnya terus didata,” kata Herman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *