Kawan Vaksin Kalbar: Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Sukses

David Nugroho
KOALISI RELAWAN -Kordinator Wilayah Koalisi Relawan Vaksin (Kawan) Kalimantan Barat, David Nurfianto. (Andi Ridwansyah/Inside Pontianak).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kordinator Wilayah (Korwil) Koalisi Relawan (Kawan) Vaksin Kalimantan Barat, David Nurfianto menilai, program vaksinasi Covid-19 perdana di Kalbar berjalan baik.

Menurutnya, pencanangan vaksinasi yang digelar Pemprov Kalbar di Pendopo Gubernur, Kamis (14/1/2021) pagi, yang diikuti 14 orang, terdiri dari unsur pejabat, perwakilan organisasi perawat dan perwakilan tokoh agama, menjadi bukti vaksin Covid-19 Sinovac aman. Mestinya, ke depan, tak ada lagi keraguan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Vaksin Pertama ini sukses, apalagi tidak ada gejala serius pada klien stelah divaksin,” kata David Nurfianto, Kamis (14/1/2021).

Dia berharap, 14 orang yang telah menjalani vaksinasi itu, bisa menjadi contoh. Sehingga masyarakat tidak perlju ragu lagi untuk divaksin. Sebab, sudah ada bukti tak ada efek samping.

“Kita harap ke depan, tak ada lagi orang yang menolak divaksin. Karena sudah ada bukti nyata bahwa vaksin ini baik-baik saja,” ujarnya.

Kendati demikian, David menegaskan, jika pun nanti nyatanya masih ada masyarakat atau tenaga kesehatan (nakes) yang masih menolak vaksin, maka tidak boleh dipaksa. Sebab, hal itu menyangkut kebebasan hak seseorang untuk memilih.

“Maka dari itu harus ada Informed Consent, atau perjanjian untuk menerima atau menolak. Seperti yang sudah saya sampaikan kemarin. Jadi jangan sampai adanya unsur pemaksaan,” jelasnya.

Ia pun menyatakan, Kawan Vaksin akan terus mendukung program vaksinasi di Indonesia, serta siap mengikuti program vaksinasi.

“Kawan Vaksin siap mengawal kesuksesan vaksinasi massal di lapangan, bersama kalangan tenaga kesehatan, milenial dan influencer yang dilibatkan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *