Waspadai Cuaca Ekstrem, BPBD Mempawah Segera Tetapkan Status Siaga Bencana

Kepala BPBD Mempawah, Hermansyah.

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, berencana segera menetapkan status siaga bencana. Hal itu diberlakukan untuk mewaspadai potensi banjir dan longsor.

Sebab, hingga saat ini, curah hujan dengan intensitas lebat disertai angin masih terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Mempawah, dan diperkirakan cuaca ekstrem itu, akan berlangsung hingga 15 Januari 2021.

Bacaan Lainnya

“Malam kemarin, sampai hari ini, hujan deras masih melanda. Beberapa wilayah dilaporkan sudah terendam banjir. Namun, di Mempawah belum. Tapi kita tetap siaga,” kata Kepala BPBD Mempawah, Hermansyah.

Sementara ini, banjir Rob atau air pasang laut di wilayah pesisir Mempawah sudah terjadi. Terutama di kawasan pasar Mempawah. Namun, banjir Rob tersebut tak terlalu mengkhawatirkan. Alasannya, seiring air pasang laut surut, genang air pun segera hilang.

“Banjir Rob memang kerap terjadi. Terutama di kawasan Pasar Mempawah,” katanya.

Hermansyah memastikan, pihaknya akan segera menggelar rapat dalam waktu dekat, untuk membahas rencana penetapan status siaga bencana. Apalagi, dampak cuaca ekstrem kini sudah mulai dirasakan masyarakat.

“Kita akan rapat dulu. Karena, penetapan status siaga bencana, ada mekanismenya. Hari ini saja, sudah ada empat rumah di wilayah Sungai Kunyit, rusak diterjang ombak. Itu salah satu acuan kita nanti,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *