Meski Pandemi, Perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Mempawah Tetap Hikmat

Pasang Lampion
PASANG - Panitia Imlek dan Cap Go Meh 2021 di Kecamatan Sungai Pinyuh, pasang lampion di sepanjang jalan Pasar Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah, Rabu (28/1/2021) malam. (Ya’ Muh Nurul Anshori).

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Meski Pandemi, perayaan Imek dan Cap Go Meh di Kabupaten Mempawah tetap diperingati dengan hikmat. Lampion sudah digantung di sepanjang Pasar Pinyuh. Agar suasana Imlek dan Cap Go Meh tetap terasa.

“Walau tahun ini Imlek dan Cap Go Meh sepi karena Pandemi, kami tetap berusaha membuatnya terasa hangat,” kata Hermawan Lim, Panitia Imlek dan Cap Go Meh 2021 di Kecamatan Sungai Pinyuh, Kamis (28/1/2021).

Bacaan Lainnya

Perayaan Imlek sendiri, akan digelar pada 12 Februari. Sedangkan perayaan Cap Go Meh jatuh pada 26 Februari 2021. Hermawan Lim memastikan, perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kabupaten Mempawah tahun ini tidak ada event pawai tatung dan barongsai seperti tahun sebelumnya.

Semua kegiatan yang sifatnya mengundang keramaian ditiadakan. Karena situasi pandemi masih belum berakhir.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah menegaskan, akan mengawasi ketat aktivitas masyarakat di momen Imlek dan Cap Go Meh nanti.

“Pengamanan tetap dilakukan seperti tahun lalu. Kita sudah mencatat jumlah kelenteng dan jadwal perayaan masing-masing,” katanya.

Sesuai surat edaran Gubernur kata Fauzan, perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2021 hanya boleh menggelar ritual saja. Sementara kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa dilarang. Larangan itu berlaku untuk semua umat beragama saat merayakan hari besar.

“Mulai hari ini, kita mulai datang ke kelenteng untuk mensosialisasikan soal imbauan tersebut,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *