Konflik Warga dengan PT EUP, Nurhayati: Bupati Erlina Tolong Kami

Warga Korban Pencemaran PT EUP
Nurhayati bersama warga lainnya mengeluhkan pencemaran lingkungan akibat operasional PT EUP. Dia meminta Bupati Erlina hadir menyelesaikan konflik warga dan perusahaan. (Yak/Insidepontianak.com)

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Warga Desa Sungai Limau, Kecamatan Sungai Kunyit, meminta Bupati Mempawah, Erlina Ria Norsan hadir di tengah mereka menuntaskan konflik dengan PT Energi Unggul Persada (EUP) yang beroperasi di Sungai Kunyit.

Selama tiga hari berturut-turut, warga menggelar aksi unjuk rasa, tapi tak juga membuahkan hasil. Bahkan kericuhan beberapa kali terjadi hingga warga dan aparat baku hantam.

Bacaan Lainnya

“Bu Erlina, seharusnya ibu turun (ke lapangan) tolong kami. Siapa lagi kalau bukan ibu bupati. Kami dulu pilih ibu (saat Pilkada) karena kami yakin ibu bakalan nolong kami, desa kami yang tercemar macam ini,” kata Nurhayati, warga Sungai Limau yang berunjuk rasa, kemarin.

Nurhayati menjelaskan, warga kesal dengan pencemaran lingkungan dari operasional perusahaan itu. Mereka sudah tidak bisa memanfaatkan air parit yang semulanya bersih menjadi kotor.

Kemudian, tanam tumbuh milik warga di sekitar PT EUP banyak yang mati, bahkan ikan-ikan di parit mati. Limbah perusahaan juga mengeluarkan aroma tak sedap.

Dia mengatakan, warga yang bermukim dekat dengan perusahaan merasakan gatal-gatal saat mandi menggunakan air parit yang tercemar. Karena itu, sejak mengetahui penyebab gatal adalah air parit, mereka tak pernah lagi mandi menggunakan air parit tersebut.

“Iya betul, mandinya gatal-gatal. Mereka yang dekat dengan pabrik yang kena paling parah. Sekarang mana ada lagi orang mandi air parit, sudah kotor dan bau busuk,” katanya.

Warga sepakat meminta perusahaan untuk mengatur pembuangan limbah dengan benar. Kemudian, mereka minta perusahaan menyediakan sumber air bersih. Lalu masyarakat lokal harus diberdayakan dan direkrut menjadi tenaga kerja di perusahaan. (yak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *