Kebakaran Lahan di Parit Demang, BPBD Duga Sengaja Dibakar

Kebakaran lahan di Parit Demang
MENERBANGKAN - Kepala BPBD Kota Pontianak, Hariyadi, Bersama Tim BPBD serta Kepolisian menerbangkan drone untuk memantau kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Pontianak Tenggara.(Inside Pontianak/Iriansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Terjadi kebakaran lahan di Jalan Parit Demang, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Sabtu (13/2/2021). Diduga lahan sengaja dibakar untuk kepentingan pembangunan perumahan.

“Diduga sengaja dibakar, sepertinya untuk pembangunan perumahaan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Hariyadi, kepada insidepontianak.com, Sabtu (13/2/2021).

Bacaan Lainnya

Mitigasi yang dilakukan BPBD Pontianak untuk memadamkan api dengan menyiram ke titik-titik api. BPBD juga menggunakan drone untuk memprediksi arah api setelah tertiup angin sebagai upaya mencegah agar api tidak merembet.

Hariyadi mengaku akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyidik penyebab kebakaran di lahan dengan luas diperkirakan 150×50 meter ini.

“Ya, kami punya tim yang bekerjasama dengan kepolisian untuk menyelidiki kasus kebakaran di Parit Demang serta 4 wilayah lainnya,” katanya.

Seorang warga setempat Ridwan, juga menduga lahan tersebut sengaja dibakar

“Ada oknum luar yang membersihkan lahan dengan cara dibakar. Sudah diingatkan warga, namun masih juga dibakar,” kata Ridwan.

Ridwan menjelaskan kebakaran lahan ini mulanya diketahui pada Kamis (11/2/2021), kemudian pada malam harinya api semakin membesar.

“Menjelang isya apinya besar sekali, karena lahan kosong dan kering. Kebakaran pun merembet ke lahan lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, selang beberapa jam kemudian, yakni sekitar pukul 22.00 WIB, warga setempat bersama dengan sejumlah personel BPBD Pontianak, dan pemadam kebakaran swasta, berhasil memadamkan kebakaran tersebut.

“Kalau saja tidak segera dipadamkan, rumah warga yang dekat dengan lokasi kebakaran laha, juga akan ikut terbakar,” katanya.

Namun, pada Sabtu (13/2/2021) pagi, titik api kembali muncul dan BPBD berhasil memadamkan titik api tersebut. (Iriansyah)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *