Langgar Aturan, Ruko Tiga Lantai di Purnama Agung V Dibongkar Satpol PP

Pembongkaran Ruko
BONGKAR - Satpol-PP Kota pontiananak bongkar sekaligus hentikan pembangunan rumah toko (ruko) empat pintu tiga lantai, di Jl Purnama Agung V, Kelurahan Parit Tokaya, karena tak sesuai dengan IMB pengajuan awal, Selasa (16/2/2021). (Iriansyah/Insidepontianak.com).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota pontianak dibantu aparat TNI dan Polisi, membongkar sekaligus menghentikan pembangunan rumah toko (ruko) empat pintu tiga lantai, di Jl Purnama Agung V, Kelurahan Parit Tokaya, Selasa (16/2/2021).

Hal itu dilakukan karena, pembangunan ruko itu tak sesuai izin awal, sebagaimana yang diajukan. Belakangan, ruko itu diketahui milik Debuan Nguan. Saat pembongkaran dilakukan, dia tak berada di tempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pontianak, Firayanta memastikan, pembongkaran dan penghentian pembangunan ruko empat pintu tersebut, sudah melalui tahapan sebagaimana aturan yang berlaku.

“Pemilik sudah diberikan peringatan Ketiga (SP3). Tahap pembongkaran 1, 2 hingga 3 pemilik meminta negosiasi. Namun tidak ada proses pembongkaran olehnya. Setelah keluar SP3, kami minta Satpol PP, bertindak,” kata Firayanta, di lokasi pembongkaran.

Dia menjelaskan, ruko tiga lantai dengan luas 4×10 meter, yang sedang dalam proses pembangunanan itu, Izin awalnya hanya tiga pintu. Tetapi, di perjalanan, diam-diam, pemilik membangun empat pintu.

“Kami beri izin tiga pintu, tetapi mereka membangun empat pintu. Tentu tidak kami terbitkan izin IMB-nya,” ucap Firayanta, tegas.

Selain itu, ruko yang dibangun juga melanggar aturan. Sebab terlalu mepet ke jalan raya. Dikhawatirkan, menggangu aktifitas warga. Dia pun menyesalkan sikap pemilik ruko yang seolah abai aturan. Bagaimana tidak, ruko dibangun dahulu, sementara izin IMB-nya belum diberikan.

“Seharusnya mengurus IMB dulu, baru membangun, agar tidak terjadi pengbongkaran ke depannya,” tutupnya. (Iriansyah).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *