Damkar Swasta Siaga di Lokasi Rawan Karhutla di Sungai Pinyuh

Pemadam Kebakaran Swasta
Damkar swasta Sungai Pinyuh. (Ist)

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Dua pemadam kebakaran swasta, Badan Pemadam Api Sungai Pinyuh (BPASP) bersama Badan Pemadam Kebakaran Purun (BPK-Purun) siaga mengendalikan kebakaran lahan di wilayah rawan di Sungai Pinyuh.

Di daerah tersebut, titik api pertama muncul di Desa Sungai Bakau Besar Darat (SBBD). Puluhan hektare lahan kosong terbakar. Lalu titik api kedua di Desa Peniraman. Dari data kepolisian, ada lima hektare lahan perkebunan warga yang terbakar belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Sementara pada Kamis 18 Februari, titik api ketiga muncul di Desa Sungai Batang belakang Komplek Sungai Batang Residen.

“Kami siap dan selalu siaga memadamkan api kebakaran. Kita sebagai pemadam kebakaran harus bersinergi dengan pemerintah. Kalau di Pemda ada Damkar dari BPBD yang juga selalu siap turun lapangan. Kita semaksimal mungkin bantu,” kata Sekretaris BPASP, Hermawan, Jumat (19/2/2021).

Hermawan mengatakan, kemarin malam, warga sempat dikejutkan dengan terbakarnya lahan di belakang Komplek Sungai Batang Residen. Pihaknya langsung turun ke TKP. Saat itu dua unit mobil pemadam dengan 12 orang awak berjibaku dengan api.

“Kita tidak bisa memprediksi kapan kebakaran terjadi. Kita sedang siaga di Posko saat itu. Tiba-tiba ada laporan dari masyarakat. Kita langsung turun ke TKP dengan satu armada menggunakan mobil L300. Karena kurang, kita bawa mobil tangki besar lagi, jadi ada dua unit yang turun,” bebernya.

Menurut Hermawan, untuk mengantisipasi Karhutla meluas, perlu ada sinergi antara masyarakat dan pemadam kebakaran baik itu swasta mau pun pemerintah. Sebab, mereka tak ingin terlambat turun ke lokasi saat api keburu membesar.

“Kalau api sudah besar kita makin repot. Sebisa mungkin saat api kecil kita langsung ke lapangan. Segera lokalisir. Mudah-mudahan di Sungai Pinyuh tidak ada lagi titik api baru,” pungkasnya. (Yak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *