Belajar Tatap Muka di SMAN 4 Pontianak Terapkan Sistem Kombinasi

Belajar Tatap Muka
Belajar tatap muka di SMAN 4 Pontianak. (Rezqy/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – SMA Negeri 4 Kota Pontianak, mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM), Senin (22/2/2021). Sistem PTM ini diterapkan kepada kelas 12 saja, sementara kelas 10 dan 11 masih menggunakan sistem daring atau online.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Neneng Riana Sari menyebutkan, implementasi sistem pembelajaran di sekolahnya menggunakan blended system atau sistem kombinasi. Ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu belajar mengajar, mengingat waktu PTM yang singkat.

Bacaan Lainnya

Sistem ini mengacu pada kombinasi tiga model pembelajaran, yaitu Tatap Muka, Dalam Jaringan (online) dan Luar Jaringan (offline). Untuk daring, murid dan guru bersinergi melalui jaringan internet. Dengan metode sinkron dan asinkron.

Asinkron sendiri adalah diskusi tapi tidak tatap muka, seperti melalui google classroom artinya tidak ada interaksi dua arah walau pun virtual. Sedangkan daring yang sinkron itu seperti google meet, zoom (ada interaksi dua arah).

“Sedangkan luring lebih ke tugas mandiri siswa, kami membimbingnya namun tidak tatap muka,” jelas Neneng, Senin (22/2/2021).

Dia menjelaskan, untuk siswa kelas 12 yang mengikuti PTM, sistemnya dibagi menjadi dua sif. Sif pertama dimulai pukul 07.00 WIB hingga 09.20 WIB. Sif kedua pukul 10.00 WIB hingga 12.20 WIB.  Sementara untuk kelas, terdapat sebanyak sembilan ruang belajar.

“Jadi rombongan belajar kelas 12 ada sembilan. Sakelas itu 50 persen, dibagi menjadi dua yaitu kelompok A dan B . Kelompok A berisi kurang lebih 16-18 siswa, sesuai dengan aturan dari Gugus Covid juga seperti itu. Maksimal dalam satu kelas hanya ada 18 orang,” ungkapnya.

Setelah di sekolah, masing-masing mereka akan kembali belajar secara daring di rumah. Untuk kelas 10 dan 11, masih menerapkan sistem pembelajaran online atau daring dengan jadwal mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, dengan waktu istirahat sekitar 30 menit. (Rezqy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *