Bupati Karolin Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Replanting Sawit Tanam Jagung

Bupati Karolin
TANAM - Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa gelar penanaman perdana tanaman jagung di lahan replanting sawit milik kelompok tani (Poktan) Mengalir di Dusun Jamai, Desa Amboyo Inti, Kecamatan Ngabang, Senin (22/2/21). (Prokopim Landak).

LANDAK, insidepontianak.com – Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa launching penanaman perdana tanaman jagung di lahan replanting sawit milik kelompok tani (Poktan) Mengalir di Dusun Jamai, Desa Amboyo Inti, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Senin (22/2/21).

Lahan itu luasnya mencapai tiga hektar. Lahan replanting sawit sendiri merupakan lahan yang diremajakan. Dalam sambutannya, Karolin ajak masyarakat Landak memanfaatkan lahan replanting sawit untuk bercocok tanam. Sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan nasional.

Bacaan Lainnya

Dia meyakini, dilahan replanting sawit, bisa menghasilkan tanaman yang subur. Apalagi jika sudah diolah berulang-ulang untuk bercocok tanam. Pasti gembur.

“Lahan replanting ini bisa diselingi dengan tanam sayur dengan jagung. Intinya jangan biarkan tanah Kita menganggur,” pesan Karolin.

Di sisi lain, dia juga mengingatkan para pekebun sawit mandiri, yang sudah melakukan replanting lahan sawit ke tanaman jagung, agar membentuk kelompok tani.

Atau, bisa juga bergabung ke kelompok tani lainnya. Supaya terdaftar dalam data Sistem Informasi Ketenagaan Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) dan mendapatkan kartu tani.

Sehingga, ke depan bisa menerima bantuan atau penyuluhan pertanian dari pemerintah. Menurut Karolin, potensi tenaman jagung di Kabupaten Landak sangat besar.

Sebab lahan replanting sawit sangat banyak. Sangat cocok dimanfaatkan untuk berkebun jagung. Karena itu, tak heran, jika sekarang, Landak merupakan penghasil jagung nomor dua se-Kalbar.

Untuk meningkatkan produksi jagung di Kabupaten Landak, Karolin pun harap Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalbar beri pendampingan ke Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Landak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *