Diserang Kelompok Separatis, Dubes Italia untuk Kongo Terbunuh

Luca Attanasio
MENINGGAL - Duta Besar Italia untuk Kongo, Luca Attanasio meninggal dunia di Rumah Sakit Lapangan India Tingkat III, Kota Goma, Republik Demokratik Kongo, akibat tertembak serangan kelompok separatis, Senin (22/2/2021). (Dok. Al Jazera).

GOMA, insidepontianak.com – Menteri Luar Negeri Italia, Luigi Di Maio mengabarkan Duta Besar (Dubes) Italia untuk Republik Demokratik Kongo, Luca Attanasio terbunuh usai diserang kelompok separatis. Luca Attanasio meninggal dunia di Rumah Sakit Lapangan India Tingkat III, Kota Goma, Republik Demokratik Kongo, pada Senin, 22 Februari 2021.

Dilansir dari Voice of America (VOA), Duta Besar Luca Attanasio diserang kelompok separatis saat konvoi bersama Pasukan Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta perwakilan PBB di Kongo.

Luca Attanasio rencanya akan melakukan kampanye Misi stabilisasi PBB di berbagai kota di Kongo. Namun, saat konvoi memasuki kota Kanyamahoro, rombongan perwakilan, pasukan perdamaian PBB serta Diplomat dan Duta Besar Italia mendapatkan serangan tembakan secara brutal oleh kelompok separatis. Duta besar Italia dikabarkan tertembak di perut. Dia segera dilarikan ke rumah sakit India Tingkat III, Kota Goma. Kondisinya kritis dan akhirnya meninggal dunia.

Peristiwa penyerangan kelompok separatis tersebut turut menewaskan polisi penjaga duta besar. Menteri Luar Negeri Italia, Luigi Di Maio sangat kecewa akibat serangan yang menewaskan duta besar dan polisi penjaga.

“Kekecewaan dan kesedihan yang luar biasa,” ucapnya. Di Maio saat itu sedang rapat bersama Uni Eropa di Brussel, langsung memutuskan untuk kembali ke Roma.

Tentara nasional Kongo saat ini menduga, serangan tersebut merupakan upaya penculikan duta besar dan perwakilan PBB. Saat ini, tentara nasional Kongo sedang melakukan pencarian kepada kelompok separatis tersebut. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *