Gubernur Sutarmidji Hapus Pengadaan Mobil Dinas Pejabat Tahun Depan

Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

PONTIANAK, insidePontianak.com – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyebutkan akan menghapus pengadaan mobil dinas bagi pejabat pemerintah provinsi, tahun depan. Sebagai gantinya, akan diberikan uang transportasi.

Hal itu disampaikannya saat video conference DJKN, terkait sosialisasi pencegahan dan pemberantasan korupsi dalam rangka peningkatan layanan publik, di ruang Data Analytic Room (Dar), Senin (22/2/2021).

Bacaan Lainnya

Sutarmidji mengatakan, aturan ini diberlakukan dengan pertimbangan banyak mobil yang dilelang dan tidak terjual. Dia berseloroh, jika mobil itu dikumpulkan di halaman kantor Gubernur Kalbar, bahkan tidak cukup.

“Seenak mereka saja, sesuka hati mereka mau beli mobil, dengan alasan harus double gardan, tapi nyatanya dipakai untuk kepentingan pribadi,” ujar Midji, berang.

Sutarmidji menjelaskan soal uang transportasi sebagai gantinya. Dengan hitungan satu tahun sewa Rp144 juta, dibagi dalam 12 bulan menjadi Rp12 juta per bulannya.

Dia juga mengingatkan mobil dinas tidak boleh diganti dengan plat hitam. Kecuali untuk kepala daerah, wakil kepala daerah dan DPRD.

“Saya putuskan tidak ada mobil tahun depan, membeli mobil untuk operasional personal, kecuali untuk pelayanan, seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Sosial dan Bencana, yang lainnya tidak boleh”, ucap Midji.

Midji menyatakan, anggaran daerah selama ini banyak digunakan pada hal-hal yang tidak penting.  “Anggaran daerah tingkat dua selalu diabaikan,” tandasnya. (Baruna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *