Kapolsek Pontianak Utara Dicopot

Ilustrasi
Ilustrasi. (Net)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Akibat kaburnya dua tahanan di Mapolsek Pontianak Utara pekan lalu, Kapolsek Pontianak Utara AKP Hary Purnomo dicopot dari jabatannya.

Dia dimutasi ke Polres Kayong Utara dengan jabatan Kasubbagdalops. Sedangkan Jabatan Kapolsek Pontianak Utara dijabat AKP Feby Rando. Sebelumya Fery Rando merupakan Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu.

Bacaan Lainnya

Mutasi itu diketahui berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolda Kalbar, tertanggal 21 Februari 2021, ditandatangani Karo SDM, Kombes Pol Nuryanto.

Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Leo Triwibowo membenarkan pencopotan jabatan Kapolsek Pontianak Utara tersebut.

“Insya Allah betul (dicopot),” katanya kepada wartawan, Minggu (21/2/2021).

Menurut Leo, AKP Hery Purnomo telah menjalani pemeriksaan di Propam Polda Kalimantan Barat dan Biro Pengamanan Internal (Paminal) terkait tahanan kabur.

Selain itu, ruang sel tahanan di Mapolsek Pontianak Utara juga dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, Propam Polda Kalbar menilai, kaburnya dua tahanan itu, diduga turut disebabkan faktor kelalaian petugas.

“Secara kedinasan, kita ada fungsi Paminal dan Porpam yang bekerja untuk melihat prosedur personel jaga. Bersalah atau tidak, nanti akan diputuskan saat sidang,” ujar Leo.

Sebelumnya, dua tahanan Mapolsek Pontianak Utara melarikan diri dan berhasil diringkus kembali pada Kamis (18/2/2021) malam. Mereka adalah Meki dan Faisal.

Mereka berhasil kabur dengan cara mengikis tembok sel tahanan hingga jebol. Satu diantara mereka berpura mengaji. Di ketahui otak pelarian itu adalah Faisal.

Untung, ke duanya berhasil diringkus kembali dalam waktu yang cepat. Leo menyebutkan, bangunan Polsek Pontianak Utara memang sudag tua, namun masih bagus dan layak digunakan.

“Sebetulnya masih bisa dipertahankan, hanya saja memang mereka yang sudah berniat (melarikan diri) sebelumnya,” tutuo Leo. (Samsul).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *