Pencarian Nelayan Sungai Pinyuh Hilang di Laut Belum Membuahkan Hasil

Pencarian Nelayan Hilang
Upaya pencarian nelayan Sungai Pinyuh yang hilang di laut. (Dok. Polres Mempawah)

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Pencarian nelayan Sungai Pinyuh, Abdul Karim Mahmud (65) yang dinyatakan hilang di laut lepas saat pulang dari menangkap ikan bersama rekannya Bahtiar (24) terus berlanjut. Namun sampai hari ini pencarian belum membuahkan hasil.

Bahtiar berhasil selamat dalam peristiwa kapal karam tersebut, setelah ditolong oleh kapal kelong dari Jakarta. Namun, Abdul Karim sampai kini belum diketahui keberadaannya.

Bacaan Lainnya

Kasat Polair Polres Mempawah, Iptu Andi Rahmat mengatakan, pencarian dilakukan oleh Basarnas dan dibantu Polair. Mereka menggunakan speed boat menyisir sekitaran Pulau Datok, dan perairan Sungai Pinyuh, lokasi kapal nelayan tersebut diduga karam.

“Kami masih membantu Basarnas guna mengimbangi proses pencarian nelayan Sungai Pinyuh atas nama Abdul Karim Mahmud yang dinyatakan hilang,” katanya, Senin (22/2/2021).

Andi menjelaskan, dalam proses pencarian tersebut, mereka menggunakan speed boat kecil. Hal itu menjadi kendala sehingga mereka tidak berani terlalu jauh menuju laut lepas.

“Kami khawatir gelombang besar tiba-tiba datang. Kalau Basarnas kapal mereka cukup besar. Tapi mereka juga menyesuaikan cuaca. Jika angin kencang dan ombak tinggi mereka menghentikan sementara pencarian,” katanya.

Andi mengatakan, pencarian terhadap nelayan Sungai Pinyuh tersebut akan terus dilakukan sampai Basarnas menyatakan proses pencarian dihentikan. Sebab, sebagai Polair mereka akan ikut petunjuk Basarnas yang menjadi leading sector.

“Kita ikut Basarnas, sampai saat ini pencarian terus dilakukan. Jika Basarnas menyatakan pencarian sudah dihentikan maka kita juga akan berhenti,” katanya.

Dia mengimbau agar para nelayan yang melaut selalu waspada terhadap perubahan cuaca di tengah laut. Sebab, angin kencang bisa tiba-tiba datang dan membahayakan bagi nelayan. (Yak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *