Kapolda Kalbar: Penegakan Hukum Pelaku Karhutla Tanpa Kompromi

  • Bagikan
Kapolda Kalbar Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto
Kapolda Kalbar Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto. (Dok. Polda Kalbar)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto menegaskan, tak ada kompromi dalam penegakan hukum pelaku pembakar lahan. Baik itu korporasi atau individual.

“Kita akan melakukan penegakan hukum yang tanpa kompromi secara tegas dan keras, sesuai instruksi presiden,” katanya, dalam Rakorda Penanganan Karhutla Kalbar, di Hotel Mercure Pontianak, Kamis (25/2/2021).

Selain itu, Sigid menyebutkan, akan mengedepankan upaya pencegahan serta deteksi dini dalam penanganan Karhutla. Salah satunya dengan memantau perkembangan titik api melalui aplikasi berbasis teknologi dan informasi.

“Kami akan memanfaatkan aplikasi Sipongi,” ucapnya.

Aplikasi Sipongi adalah aplikasi pemantauan titik api yang dimiliki oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Aplikasi tersebut, merupakan sistem pelaporan, pemantauan yang terintegrasi sehingga mempermudah pemantauan dan pelaporan.

Kolaborasi dengan pemerintah daerah juga akan diperkuat. Terutama dalam penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi, untuk menjamin ketersediaan air tanah. Selain itu edukasi secara masif terhadap masyarakat juga dilakukan.

“Kami akan bantu program pembangunan kanal, embung dan menara pantau api,” ungkapnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: