Bengkayang Masih Kekurangan Ribuan Guru

Plt Kadisdikbud, Gustian Andiwinata. (Baruna/Insidepontianak.com)

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, Gustian Andiwinata mengatakan, jumlah tenaga pendidik berstatus PNS masih minim di daerahnya itu.

Belum lama ini, Pemkab Bengkayang sudah menambah sebanyak 30 orang tenaga guru, dengan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Namun angka itu belum menutupi kebutuhan guru se-Kabupaten Bengkayang.

Bacaan Lainnya

“30 orang guru tersebut hanya mampu mengisi kebutuhan guru pada sarana pendidikan, namun belum mampu mengantisipasi kekurangan tenaga pendidik keseluruhan,” ucap Gustian, Senin (22/3/2021).

Dia menjelaskan, berdasarkan kebutuhan saat ini, Kabupaten Bengkayang masih kekurangan lebih dari tiga ribu orang untuk kategori tenaga pengajar. Setiap tahunnya, ada sekitar 100-200 tenaga pengajar yang pension. Angkat tersebut berbanding terbalik dengan jumlah penerimaan.

“Ya begitulah realitanya, saya berharap ke depannya tenaga pendidik sesuai yang kita harapkan,” tutup Gustian.

Saat ini, pihaknya terus melakukan upaya-upaya untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya menerapkan skema P3K. “Mereka yang lolos dari honorer K2 yang gagal CPNS. Dan upaya lainnya pengangkatan P3K. (Baruna)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *