Penyu Langka Hawksbill Turtle Terjebak di Saluran Air Pendingin PLTU Kalbar 1

Seorang petugas PLTU menunjukkan penyu sisik yang diselamatkan setelah terjebak di saluran air pendingin. (Dok. PLTU Kalbar 1)

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Penyu langka terjebak di saluran air pendingin PLTU Kalbar 1, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Jumat (26/3/2021).

Mendapati laporan itu, petugas Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan (K3L)  segera menyelamatkan dan memeriksa kondisi fisik. Kemudian melepasnya kembali ke habitat asal.

Penyu Sisik atau Hawksbill Turtle alias Eretmochelys imbricata yang ditemukan itu, termasuk dalam red list hampir punah berdasarkan IUCN (Internasional Union for Conservation Nature).

“Ya, memang benar ada seekor penyu langka, Hawksbill Turtle, terjebak di saluran air pendingin Jumat siang,” kata Kepala Humas PLTU 1 Kalbar, Darwis, Sabtu (27/3/2021) pagi.

Darwis mengatakan, penemuan penyu langka tersebut saat petugas sedang patroli dan mendapatkan laporan bahwa ada penyu yang terdampar di dalam saluran air pendingin.

Di saat itu juga, pihaknya menghubungi tim K3L untuk melakukan penyelamatan serta mengecek keadaan fisik penyu langka tersebut.

Setelah upaya penyelamatan oleh tim K3L, tim tersebut melepaskan kembali penyu langka itu ke dalam laut, guna menjaga ekosistem dan kelestarian hewan langka.

“Kita sudah lakukan penyelamatan dan pelepasan kembali hewan tersebut, agar ekosistemnya tetap terjaga,” tandasnya. (Baruna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *