FIFGROUP Bersama Empat Lembaga Astra Luncurkan Dana Bergulir untuk 588 UMKM

FIFGOUP
PENYERAHAN - Penyerahan bantuan dana bergulir untuk UMKM secara simbolis oleh Corporate Communication Director Esther, Sri Harjati (kiri) Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP Margono Tanuwijaya (kedua dari kiri), dan Advisor FIF Group, R Sutjahja Nugroho (kanan) secara virtual, Jumat (26/3/2021). ( (Dok. Humas FIFGROUP).

JAKARTA, insidepontianak.com – PT Federal International Finance (FIFGROUP) bersama empat lembaga Astra lainnya, luncurkan program dana bergulir untuk 588 UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Program itu resmi dirilis bersamaan dengan kegiatan webinar bertajuk ‘Kolaborasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM’ yang digelar FIFGROUP pada pada hari Jumat, 25 Maret 2021, melibatkan  lembaga Astra Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM).

“Program dana bergulir untuk pelaku UMKM ini, akan dibagikan ke 242 titik se-Indonesia dengan total bantuan senilai Rp1,666 miliar,” kata Chief Executive Officer (CEO) FIF Group, Margono Tanuwijaya.

Menurutnya, program dana bergulir merupakan wujud kepedulian FIFGROUP membantu pemerintah melakukan pemberdayaan masyarakat, yang sejalan dengan filosofi Catur Dharma Astra, Corporate Affairs Policy PT Astra International Tbk serta Corporate Strategy FIFGROUP.

“Di mana, kita harus berusaha memberikan yang terbaik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kitta akan dukung pelaku usaha yang mau maju, dengan memberikan berbagai pelatihan dan program lainnya,” kata Margono.

Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah menambahkan, program dana bergulir untuk UMKM tersebut merupakan program kolaborasi, bertujuan membantu pemerintah membangun kembali dunia UMKM yang terdampak pandemi Covid-19, melalui pemberian permodalan.

“Program ini, diharapkan tidak hanya berhenti pada peminjaman modal usaha saja. Tetapi juga bisa mendorong terciptanya banyak kolaborasi antar UMKM dengan Grup Astra. Hingga saat ini Astra telah membina 14.711 UMKM,” ucap Riza.

Acara kick off tersebut dihadiri lebih dari 900 peserta. Ditutup dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bersalama lima lembaga FIF Group lainnya, sekaligus penyerahanan bantuan secara simbolis di seluruh cabang FIFG Group,  yang berjumlah 242 melalui virtual.

Penyerahan dana bergulir untuk UMKM FIFGROUP Cabang Mempawah, diserahkan langsung oleh Kepala Cabang (Branch Manager), Nahnu Hidayatulloh, kepada perwakilan pelaku UMKM Mempawah, Latifah dan Fitriwati.

Konsep Bantuan

General Support (GS) and Corporate Communication Director Esther FIFGROUP, Sri Harjati mengatakan, konsep program bantuan dana bergulir untuk pelaku UMKM, yaitu dengan sistem pembinaan di setiap Cabang. Kepala Cabang FIF, wajib membina minimal dua pelaku UMKM.

“Harapan kami, di tahun 2021, program dana bergulir tersebut tetap dapat hadir untuk masyarakat dan dapat membawa manfaat bagi masa depan UMKM. Minimal bisa membantu menggerakkan perekonomian di sekitar UMKM di masa pandemi ini,” kata Sri Harjanti.

Dia memastikan, FIFGROUP komitmen dukung pemerintah menggerakkan roda perekonomian pascasetahun dilanda pandemi Covid-19. Salah satu bentuk dukungan itu melalui pemberian dana bergulir untuk pelaku UMKM. Agar geliat ekonomi di tinggkat bawah kembali hidup.

Sampai akhir Januari 2021 lalu, jumlah penerima bantuan dana bergulir FIF Group mencapai 279 UMKM, dengan total nominal nilai manfaat bantuan modal, sebesar Rp846,5 juta. Tersebar di berbagai titik di seluruh Indonesia.

Program tersebut sejatinya sudah dimulai sejak 2016. Anggaran batuan berasal dari dana sosial Syariah FIF Group. Bantuan dana bergulir di tahun 2016, telah menyasar ke 26 pelaku UMKM, dengan modal yang disalurkan sebesar Rp 65 juta.

Sedangkan di 2017, dana bergulir juga diberikan kepada 35 pelaku UMKM dengan total bantuan modal sebesar Rp 124,5 juta. Berikutnya, di 2018, program tersebut terus berjalalan, dan menyasar ke 67 pelaku UMKM dengan total bantuan modal capai Rp 152,5 juta.

Sementara di tahun 2019 sebanyak 97 pelaku UMKM kembali diberikan batuan dana bergulir dengan total pemberian modal sebesar Rp298 juta, dan di 2020 tercatat 54 pelaku UMKM yang menerima program dana bergulir, dengan total pinjaman modal sebesar Rp206,5 juta.

Program Tanpa Bunga                               

Chief of Corporate Communication and CSR FIFGROUP, Yulian Warman menjamin, program dana bergulir untuk UMKM itu, merupakan bantuan pinjaman tanpa bunga. Nilai pinjaman yang diberikan berkisar antara Rp2 juta sampai dengan Rp20 juta.

Pemberian dana bergulir UMKM, diberikan berdasarkan beberapa kriteria. Antara lain memiliki tempat usaha pribadi, usaha berjalan cukup lama, memiliki laporan pembukuan yang baik, memiliki penghitungan rasio penghasilan yang cukup untuk membayar angsuran, dan berada di lingkungan usaha FIFGROUP.

“Bantuan ini diharapkan benar-benar dimanfaatkan oleh setiap penerimaprogra. Agar usahanya bisa maju dan berkembang,” kata Yulian Warman.

Dukungan Selama Pandemi

Selama masa pandemi, FIFGROUP telah melakukan berbagai stimulus untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Terutama, bagi para kreditur nasabah. Selain itu, gerakan sosial untuk masyarakat umum juga dilaksanakan.

Tercatat, 76.510 paket sembako telah disalurkan untuk masyarakat kurang mampu selama setahun belakangan. Bantuan itu tersebar di 620 titik se-Indonesia, dengan nilai bantuan capai Rp15,1 miliar. Selain itu, FIFGROUP juga menyalurkan delapan unit ventilator untuk penanganan pasin Covid-19.

Bantuan ventilator itu disumbangkan di lima rumah sakit. Tiga unit di rumah sakit Sumatera Utara, dua unit di rumah sakit Bali, satu unit di rumah sakit Nusa Tenggara Barat (NTB), satu unit di rumah sakit Singkawang dan dan satu unit di Jawa Barat, dengan total bantuan senilai Rp3,895 miliar.

Selanjutnya, bantuan Alat Pelindung Diri (APD) senilai Rp672 juta juga disalurkan ke berbagai fasilitas kesehatan yang berada di cakupan wilayah kantor cabang FIFGROUP.

Tak hanya itu FIF Group juga salurkan bantuan dana reguler Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pendidikan untuk 79 event, CSR kesehatan 77 event, CSR pemberdayaan masyarakat binaan, dan CSR Lingkungan, dengan total bantuan capai Rp1,853 miliar.

Di sektor bantuan sosial sosial bencana alam 2020 hingga 2021, FIFGROUP telah menyalurkan bantuan bencana gempa di Mamuju serta bencana banjir di berbagai daerah di indonesia dengan total bantuan senilai Rp2,213 miliar.

“Sehingga total bantuan yang telah disalurkan oleh FIFGROUP kepada masyarakat selama pandemi sampai dengan Januari 2021 mencapai lebih dari Rp25,33 miliar,” tutup Yulian Warman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *