Paparkan Hasil Kerja 2020 ke DPRD, Wali Kota Edi: Covid-19 Sebabkan Penyesuaian Anggaran

LKPJ APBD Kota Pontianak Tahun Anggaran 2020
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan LKPJ APBD 2020 ke DPRD Pontianak, Senin (29/3/2021). (Prokopim).

PONTIANAK, Insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), APBD 2020 ke DPRD Kota Pontianak, Senin (29/3/2021). Dalam kesempatan itu, Edi memaparkan hasil kerja selama tahun 2020. Menurutnya, program kerja tahun anggaran APBD 2020, banyak terjadi penyesuaian. Hal itu diakibatkan karena situasi pandemi covid-19. Sebagian besar anggaran terpaksa dialihkan untuk penanganan dan penanggulangan Covid-19.

“Memang di tahun 2020 ada hambatan atau kejadian luar biasa yaitu pandemi covid-19. Sehingga ini mempengaruhi sistem. Seperti refocusing realokasi anggaran. Setelah itu ada target-target yang harus disesuaikan. Baik yang tercapai melampaui target bahkan yang tidak,” ucap Wali Kota Edi, usai mengikuti Rapat Paripurna LKPJ APBD Kota Pontianak tahun anggaran 2020.

Bacaan Lainnya

Edi menyebutkan, penyesuaian anggaran berdampak besar terhadap realisasi program-program kerja yang sudah dicanangkan di tahun tersebut. Selain itu, situasi pandemi juga menyebabkan meningkatnya pengangguran dan melemahkan daya beli masyarakat.

“Penyesuaian-penyesuaian ini berdampak terhadap kinerja. Terutama kalau kita lihat yaitu tingkat pengangguran terbuka yang meningkat. Ini pasti korelasinya dengan investasi, melemahnya daya beli masyarakat. Tapi dari sisi tingkat kemiskinan kita menurun, itu baik,” tambahnya.

Meski demikian, Wali Kota Edi menjamin akan berupaya maksimal merealisasikan semua program-program kerja yang tertunda di tahun 2020 di tahun ini.

Dalam kesempatan itu, Edi memaparkan perkembangan pembangunan IPM Kota Pontianak yang berhasil naik di angka 77,49 persen. Sementara tingkat harapan hidup meningkat 72,68 persen.

“Yang lainnya infrastruktur sedang berjalan,” tutupnya. (Rezqy).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *