Wakil Bupati Ketapang Restui Pembinaan BWA Secara Konsisten

Wabup Ketapang, Farhan. (Dok. Prokopim)

KETAPANG, insidepontianak.com – Tim Badan Wakaf Alquran (BWA) mendapat amanah untuk menyalurkan sebanyak 2.000 Alquran di wilayah Kabupaten Ketapang. Tim BWA sendiri sudah bergerak sejak awal Januari 2021 dan menunggu pendistribusian. Proses distribusi Alquran  memerlukan proses yang lama hingga tiba ke Kabupaten Ketapang pada awal Maret.

Selanjutnya, tim melakukan pemetaan kebutuhan masing-masing kecamatan. Kemudian melakukan komunikasi kepada pejabat yang memiliki otoritas. Silaturahmi pun digelar dan sekaligus penyerahan simbolis Alquran yang diterima wakil Bupati Ketapang Farhan.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati menyambut baik kedatangan tim dan memberi saran dan masukan kepada Tim BWA, agar gerakan ini terus menerus dilakukan, sehingga mempermudah akses pendidikan agama dan dakwah.

“Merestui jika kemudian ada organisasi  BWA yang strukturalnya ada di tingkat kabupaten. Biar mudah melakukan pembinaan secara terus menerus,” jelasnya.

Selain itu, gerakan BWA juga melibatkan organisasi seperti MUI, perkumpulan mualaf dan organisasi Islam lainnya, baik ormas maupun kepemudaan Islam, untuk syiar dakwah wakaf lebih luas.

Sementara itu, Tim BWA yang berada di Kecamatan Matan Hilir Selatan, Matan Hilir Utara, Muara Pawan, Nanga Tayap, Sandai, Manis Mata dan Sungai Laur, juga membangun kerja sama dengan perangkat desa setempat dalam proses pendistribusian di lembaga pendidikan sesuai kebutuhan.

“Hal ini agar memudahkan kerja di lapangan dan terbentuknya jaringan di masing-masing kecamatan,” ucap Oskar Irwandi, tim BWA di Kecamatan Sungai Laur.

Terpisah, tim di Kecamatan Matan Hilir Selatan yang juga salah satu anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sungai Pelang, Sahrul, pihaknya juga melakukan koordinasi hingga ketingkat Dusun setempat. Dengan melibatkan kepala dusun, atau kepala desa ini diharapkan dapat mempermudah pendistribusian Alquran yang mana saat ini masih terbatas. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *