E-Tilang Dimulai 1 April, CCTV di Pontianak Belum Memadai

Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Leo Triwibowo. (Rezqy/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Leo Triwibowo mengungkapkan, penerapan E-Tilang di Pontianak yang dimulai 1 April, masih bersifat parsial atau belum sepenuhnya elektronik. Petugas juga masih melakukan tilang secara manual.

“Sudah ada delapan Polda yang menerapkan tilang elektronik di Indonesia, karena peralatannya sudah memadai. Kalau E-Tilang di Pontianak nanti tidak full secara elektronik, ada manualnya juga. Masih parsial,” ungkap Leo, Rabu (31/3/2021).

Bacaan Lainnya

Penerapan E-tilang secara parsial ini dijelaskan Leo karena alat-alat ada di Pontianak belum memadai untuk penerapan secara penuh. Contohnya adalah CCTV di berbagai jalan di Kota Pontianak yang masih dimiliki oleh Pemkot.

“Nanti ada pengawasan dan kerja sama dari pemerintah kota. Karena yang mempunyai CCTV saat ini Pemkot. Kemarin kita sudah koordinasi dengan wali kota, kita akan menyediakan alat yang sama dengan delapan Polda kemarin. Memang alatnya agak mahal, makanya oleh Pak Wali tidak bisa diwujudkan saat ini,” bebernya.

Terkait teknis penilangan secara elektronik nantinya, pengendara lalu lintas akan dipantau dari kamera CCTV yang ada di jalan tersebut. Jika terpantau melanggar peraturan lalu lintas, pengendara tersebut akan ditilang.

“Mekanisme penilangannya, nanti kita lihat dari setiap monitor di perempatan yang ada di wilayah Pontianak Kota, yang sudah ada di Dinas Perhubungan. Nanti operator dari Satlantas Polresta yang memantau. Setiap jalan yang ada CCTV dari Dishub kita akan menempel,” ujarnya.

Terkait pembayaran E-Tilang, pelanggar diharuskan membayar secara elektronik atau tidak lagi dalam bentuk cash. Jika nantinya didapati masih belum membayar denda tilang, akan dibebankan saat membayar pajak kendaraan.

“Pembayaran penilangan akan tetap elektrik. Apabila tidak membayar nanti akan dibebankan saat membayar pajak,” pungkasnya. (Rezqy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *