Polisi Usut Dugaan Korupsi Dana Hibah Proyek Gereja PIBI Center Bengkayang

Gereja PIBI Center Bengkayang. (Ist)

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Polres Bengkayang mengusut dugaan korupsi dana hibah Pemkab untuk pembangunan Gereja PIBI Center yang kini mangkrak. PIBI Center itu terletak di Jalan Singkawang, Kelurahan Bumi Emas, Kecamatan Bengkayang.

Kasatreskrim Polres Bengkayang, AKP Antonius Trias Kuncorojati mengatakan, proposal pengajuan dana tersebut ada di tahun 2016 dan 2019. Pihaknya akan mendalami proposal pengajuan tahun 2019 dengan nilai anggaran Rp3 miliar.

Bacaan Lainnya

“Ya, terkait kasus ini sedang kita periksa dan usut, kita fokuskan anggaran dana di tahun 2019 dulu,” ucap Antonius, kemarin.

Dalam anggaran 2019 itu terdapat pengajuan Rp3,9 miliar, untuk 16 item pengerjaan. Namun yang disetujui hanya Rp20 juta. Sementara di NPHD berubah jadi Rp3 miliar.

“Anggaran di tahun 2016 akan diusut juga, sebab banyak proses administrasi yang tidak sesuai tahapan yang ada,” katanya.

Dia menyebutkan, sejumlah orang sudah diperiksa sebagai saksi. Dari hasil pemeriksaan itu ditemukan kejanggalan dan penyalahgunaan dana.

“Kita telah memeriksa saksi-saksi terkait dengan dana ini, serta di toko-toko tempat pembelian barang, kemudian terlihat keanehan serta mencurigakan,” ucapnya.

Dengan demikian, setelah memeriksa saksi-saksi dan menemukan alat bukti yang lengkap, kasus ini akan dilanjutkan ketahap penyelidikan.

Pemkab Bengkayang menggelontorkan dana total Rp4 miliar. Pada 2016 senilai Rp 1,096 miliar. Kemudian 2019 Rp 3 miliar. (baruna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *