Wakil Bupati Bengkayang: Pemilik Lahan di atas 20 Hektare Mesti Miliki Alat Pemadam Kebakaran Sendiri

Syamsul Rizal
Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal. (Baruna/Insidepontianak.com).

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal meminta pemilik lahan di atas 20 hektare di Kabupaten Bengkayang, agar memiliki alat pemadam kebakaran sendiri.

Tujuannya supaya, jika lahannya terbakar saat musim panas, pemadaman bisa segera dilakukan cepat. Sehingga tidak menyebar ke lahan lain.

Bacaan Lainnya

“Jadi, saya harap pemilik lahan di atas 20 hektare, mereka harus punya alat pemadam sendiri. Saya mohon agar Kapolsek dapat mengarahkannya,” ucap Wakil Bupati Syamsul Rizal, Rabu (31/3/2021).

Menurutnya, pencegahan karhutla di musim panas, merupakan tanggungjawab bersama. Pemerintah dan aparat tidak bisa bekerja sendiri. Dukungan semua elemen masyarakat menjadi kunci, kebakaran lahan tidak terjadi.

“Saya harapkan semua elemen bersinergi untuk mengatasi karhutla,” ucapnya.

Di sisi lain,  dia juga meminta BPBD, melakukan pendataan yang rinci mengenai daerah rawan karhutla. Tujuannya untuk pemetaan bila musim panas datang.

Dengan begitu, pencegahan dan penanggulangan karhutla bisa dilakukan sedini mungkin, dengan terukur berdasarkan data pemetaan wilayah rawan.

“Kemudian, untuk mencegah karhutla ini, mesti membuat embung pintu air serta kanal di daerah rawan kebakaran tersebut. Sehingga memudahkan pemadam apabila terjadi kebakaran,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *