Camat Pontianak Utara Siap Inventarisir Pokmas yang Potensi Budidaya Lele

  • Bagikan
PANEN LELE - Camat Pontianak Utara Affan saat menghadiri agenda Panen Raya Budidaya Lele oleh Dompet Umat di Gang Dharma Putra 17A Pontianak, Sabtu (3/4/3021). (Inside Pontianak/Iriansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Camat Pontianak Utara Affan meyatakan kesiapannya untuk membantu Pemerintah Kota Pontianak dalam menginventarisir Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang berpotensi dalam budidaya ikan lele, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pasar terhadap ikan lele di kota Pontianak.

“Dalam konteks budidaya ini, saya akan berkoordinasi dengan para lurah, saya akan inventarisir potensi masyarakat yang memungkinkan untuk budidaya lele ini,” kata Affan saat menghadiri agenda Panen Raya Budidaya Lele oleh Dompet Umat di Gang Dharma Putra 17A Pontianak, Sabtu (3/4/3021).

Menurutnya, ikan lele semakin familiar di tengah masyarakat. Dibuktikan dengan meningkatnya peminat ikan lele dan banyaknya warung makanan yang menyajikan menu santapan ikan lele. Sehingga ia menilai, ini merupakan potensi besar dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat melalui budidaya lele.

“Dibudidayakan gampang tidak terlalu ruwet, yang pasti ilmunya harus ditularkan dulu. Fermentasi airnya seperti apa, pembibitannya seperti apa, pemberian pakannya. Keterampilan ini yang perlu disosialisasikan ke masyarakat yang berminat untuk budidaya ini,” tegasnya.

Sebelumnya, sejumlah kelompok masyarakat sudah mulai membudidayakan ikan lele di lingkungan rumahnya melalui program dari Dompet Umat. Salah satunya adalah warga gang Dharma Putra 17A Kecamatan Pontianak Utara yang berhasil membudidayakan lele dengan kolam terpal.

Affan mendukung lahirnya kelompok masyarakat yang kreatif dalam meningkatkan taraf ekonominya. Untuk itu, Affan akan berkoordinasi dengan Dompet Umat agar nantinya semakin banyak warga di Kecamatan Pontianak Utara yang bisa berinovasi dalam menambah penghasilan mereka.

“Kalau bisa dikembangkan, tidak hanya di Dharma Putra 17 A Kelurahan Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara ini, tapi digulirkan ke kelurahan lainnya di Kecamatan Pontianak Utara. Dalam rangka untuk memberikan dorongan kepada masyarakat agar kreatif untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Sangat mendukung program ini,” imbuhnya. (Rezqy)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: