Jamin Terapkan Prokes, PHRI Kalbar Minta Kegiatan Bukber di Hotel dan Restoran Dibolehkan

Yuliardi Qamal
GM Hotel Maestro Pontianak, Yuliardi Qamal. (Andi Ridwansyah/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Ketua PHRI Kalbar, Yuliardi Qamal menginginkan, pemerintah tidak membuat kebijakan menutup kegiatan buka puasa bersama di hotel dan restoran di Kalbar. Dia pun menjamin, setiap hotel dan restoran akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat di setiap aktivitas.

Keinginan itu, bertentangan dengan anjuran Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson, yang menyarankan agar saat bulan puasa nanti, hotel dan restoran tak membuka kegiatan buka puasa bersama, untuk mencegah potensi penularan Covid-19.

Qamal menklaim, sejuah ini operasional hotel di masa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, barjalan baik-baik saja.

“Kegiatan di hotel maupun restoran sejauh ini, semuanya sudah menerapkan protokol sangat ketat,” ucapnya, Kamis (8/4/2021).

Selain itu, kata Qamal, dalam aturan pengoperasian hotel, setiap pengunjung yang ingin masuk ke hotel maupun ke restoran harus melewati beberapa proses. Seperti, menggunakan masker, dan dicek suhu tubuh. Apabila ada pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat maka, tidak diizinkan masuk.

“Kemudian, setiap pengunjung harus menerapkan jaga jarak,” katanya.

Di lain hal, Qamal menyebutkan, pada bulan ramadan, tingkat hunian hotel mengalami penurunan signifikan. Sebab, agenda pemerintahan maupun perusahaan swasta tidak dilakukan di hotel, mengingat menghormati ibadah puasa yang dijalankan umat muslim.

Karena itu, dia meminta Satgas Covid-19 Provinsi Kalbar kembali mempertimbangkan imbauan larangan menggelar buka besama di hotel dan restoran.

“Mohon ditinjau. Kami akan pastikan anggota PHRI terapkan protokol kesehatan di hotel dan restoran sangat ketat. Kalau dilarang, kami mau mau gaji pegawai dengan apa? terlebih menyambut hari raya, perusahaan wajib beri THR,” tutupnya. (iriansyah).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *