Menko Mahfud dan Menteri Tito Buka Kegiatan Gerbangdutas 2021 di PLBN Aruk

Menko Mahfud dan Menteri Tito
TIBA - Menkopolhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian saat tiba di Lanud Supadip Pontianak, Jumat (9/4/2021). Mereka direncanakan akan membuka kegiatan Gerbangdutas 2021 di PLBM Aruk Sambas. (Dok. Diskominfo Pemprov Kalbar).

JAKARTA, insidepontianak.com – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan melaksanakan kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2021, di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (9/4/2021).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan selaku Ketua Pengarah BNPP Mahfud MD, bersama dengan Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP Tito Karnavian, anggota DPR RI Rahmat Gobel dan Aziz Syamsudin, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji serta Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili diagendakan hadir langsung dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Bacaan Lainnya

Sementara 14 Gubernur lain seperti Gubernur Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua, serta 53 bupati/wali kota di wilayah kawasan perbatasan akan mengikuti acara ini secara daring melalui zoom meeting.

“Acara Gerbangdutas 2021 di PLBN Aruk, rencananya akan dibuka Bapak Menko Mahfud, selaku Ketua Pengarah BNPP, didampingi Menteri Tito selaku Kepala BNPP,” ujar Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, Jumat (9/4/2021).

Restuardy menyebut, BNPP sebelumnya telah menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi dan konfirmasi rencana aksi pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021, tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw dengan Organisasi Perangkat daerah Kabupaten Sambas dan Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilanjutkan dengan kunjungan lapangan pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk pada Rabu (7/4/2021).

Dalam kegiatan Gerbangdutas 2021, akan dicanangkan sejumlah anggaran Kementerian/Lembaga dalam Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP) Tahun 2021. Di mana jumlahnya triliunan rupiah.

Selain itu, dalam acara Gerbangdutas 2021 akan dilakukan peresmian atau penyerahan simbolis program dan kegiatan, yang telah selesai tahun sebelumnya, serta peluncuran perdana pameran virtual komoditas unggulan daerah perbatasan tahun 2021.

Gerbangdutas merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan koordinasi terkait pengelolaan kawasan perbatasan negara, dengan tujuan mendukung percepatan pembangunan di kawasan perbatasan negara. (*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *