Muhammadiyah Kalbar Pastikan 1 Ramadan Jatuh pada Selasa 13 April

  • Bagikan
Konferensi pers di Aula Masjid At-Tanwir, Kubu Raya (12/4/2021). (Rezqy/Insidepontianak.com)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Barat, Ahmad Zaini memastikan, 1 Ramadan 1442 Hijriyah sebagai penanda awal puasa jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Keputusan ini menurutnya merupakan hasil maklumat dari PWM Pusat. Telah melewati diskusi dan menelaah terkait beberapa faktor dalam penentuan pergantian bulan Syaban menuju Ramadan.

“Untuk 1 Syawal jatuh pada hari Kamis 13 mei. 1 Zulhijjah jatuh pada ahad 11 Juni, sedangkan Iduladha jatuh pada Selasa 20 Juli 2021,” katanya, dalam konferensi pers di Aula Masjid At-Tanwir, Kubu Raya (12/4/2021).

Dengan begitu, Ahmad mengatakan, kegiatan peribadahan di bulan Ramadan sudah bisa dimulai pada Senin malam ini. Ada pun ibadah yang dapat dilakukan pada malam ini misalnya salat tarawih. Sedangkan untuk esok hari, umat Muslim sudah bisa menjalankan ibadah puasa.

Namun, Ahmad menegaskan kepada masyarakat khususnya di Kalimantan Barat agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat beribadah. Ini bertujuan agar dapat menekan jumlah keterjangkitan Covid-19 yang masih ada di lingkungan sekitar.

“Salat berjarak, merenggangkan saf. Menggunakan masker, dalam kondisi kritis diperbolehkan. Yang sekitar rumahnya ada terkonfirmasi Covid, kegiatan ibadah di rumah saja. Yang tidak ada kasus konfirmasi berjamaah dan ibadah malam dapat dilaksanakan di masjid, musala, langgar dan lainnya dengan memperhatikan berbagai hal tadi,” tegasnya.

Ahmad juga mengimbau masyarakat untuk tetap bersemangat dalam beribadah, khususnya di bulan Ramadan. Meski masih pandemi, dia berharap masyarakat tetap patuh terhadap imbauan dari Muhammadiyah dan juga pemerintah. Karena imbauan yang mereka keluarkan adalah demi kepentingan dan kenyamanan bersama.

“Fatwa ini bisa ditinjau kembali sesuai dengan situasi dan kondisi terkait penyebaran Covid-19 ke depannya,” tutupnya. (rezqy)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: