Bupati Paolus Hadi Harap Masyarakat Hormati Temenggung Adat

Bupati Sanggau
Bupati Sanggau, Paolus Hadi hadiri ritual adat di Sanggau. (Foto Kominfo Sanggau)

SANGGAU, insidepontianak.com – Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyerahkan SK Bupati Sanggau Nomor 572 Tahun 2020 tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat Dayak Sub Suku Sami, dan SK Bupati Sanggau Nomor 573 Tahun 2020 tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat Dayak Sub Mayao bertempat di Dusun Kadak, Desa Upe, Kecamatan Bonti, Selasa (13/4/2021).

Sebelum SK tersebut diserahkan, para temenggung sub suku Sami dan Mayao akan melakukan ritual adat Dayak setempat.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sanggau Paolus Hadi berharap kepada masyarakat sub suku Sami dan Mayao, agar tetap konsisten menjaga wilayah hukum adatnya masing masing.

“Saya berharap agar masyarakat setempat, terutama wilayah yang sudah ditetapkan sebagai wilayah masyarakat hukum adat, agar menghormati para temenggungnya,” kata Paolus Hadi.

Bupati menegaskan, saat ini sudah ada delapan wilayah masyarakat hukum adat di Kabupaten Sanggau. Paolus juga memberikan apresiasi kepada Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kalimantan Barat, karena sudah membantu proses sehingga wilayah masyarakat hukum adat bisa ditetapkan. (ril)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *