Ciptakan Wisata Baru, Dewan Kalbar Dorong Pemkot Singkawang Tata Kawasan Sungai

Niken Tia Tantina
Anggota DPRD Kalbar, Niken Tia Tantina. (Ist)

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Anggota Komisi III DPRD Kalbar, Niken Tia Tantina Dorong Pemerintah Kota Singkawang segera lakukan penataan sekaligus normalisasi sungai. Pembangunan itu diperlukan untuk membuat kawasan sungai menjadi indah, sehingga menjadi tempat destinasi baru, sekaligus mencegah banjir di musim penghujan.

“Upaya normalisasi dan naturalisasi sungai di Singkawang memang harus dilakukan. Kita tidak hanya bicara persoalan pengendalian banjir, tetapi persoalan memanusiakan manusia yang tinggal di sekitar area sungai juga penting,” kata Niken, kepada insidepontianak.com, Selasa (13/4/2021).

Bacaan Lainnya

Memanusiakan manusia yang dia maksud adalah, menata bantaran sungai agar tidak kumuh dan bau, supaya masyarakat yang  bermukim di wilayah tersebut bisa merasakan hidup bersih dan sehat. Limbah pasar yang dialirkan di sungai harus dibersihkan.

Politisi PDIP tersebut juga mendorong gerakan penyadaran masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar selalu menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah dan limbah rumah tangga di sungai.

“Masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau di area pasar harus peduli.  Karena, yang pertama menikmati polusi udara kan mereka-mereka juga,” katanya.

Menurut Niken, normalisasi dan penataan sungai di wilayah pasar Kota Singkawang juga bisa dijadikan tempat destinasi wisata baru. Yang penting, konsep penataanya mesti dirancang dengan baik. Sehingga nantinya pemandangan sungai yang ada di Kota Singakawang juga menarik untuk dikunjungi, selain wisata pantai.

“Mungkin apabila normalisasi sungai dilakukan serta ditata menjadi unik dan menarik, akan menjadi potensi wisata baru,” tutupnya.

Sebelumnya, Wali kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, Pemkot Singkawang akan melakukan normalisasi sungai. Dirinya menyebut, normalisasi sungai salah satu upaya Pemkot Singkawang, dalam menata daerah setempat agar lebih rapi dan indah, serta mengatasi banjir. (Iriansyah).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *