Kelenteng Sam San Ket Bong di Purun Kecil Terbakar

Kebakaran Kelenteng di Purun Kecil Sungai Pinyuh
PADAMKAN - Petugas Kebakaran melakukan pemadaman api yang menghanguskan ruang sembahyang kelenteng Sam San Ket Bong, Sungai Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Selasa (13/4/2021) dini hari. (Ist)

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Kebakaran melanda Kelenteng Sam San Ket Bong Sungai Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Selasa (13/4/2021) dini hari. Api tiba-tiba berkobar di ruang utama kelenteng

Peristiwa itu sontak menggegerkan warga sekitar. Mereka berusaha memadamkan dengan alat seadanya. Namun tak berhasil. Api terus berkobar di ruang sembahyang kelenteng hingga merayap ke bagian atap. Tak lama, sejumlah pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Bacaan Lainnya

Petugas pemadam langsung berjibaku melokalisir api. Sekita 20 menit, kobararn api berhasil dipadamkan. Kepala Desa Purun Kecil, Zaionol Bahri menduga, api berasal dari lilin yang ada ruang sembahyang kelenteng tersebut. Api cepat membesar karena banyak benda-benda yang mudah terbakar, seperti lilin dan kertas.

“Menurut keterangan di lokasi, diduga api berasal dari lilin yang ada di kelenteng. Dari lilin tersebut, lalu membakar benda-benda di sekitarnya,” kata Enol, karib biasa dia disapa.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pemadam Api Sungai Pinyuh, Hermawan Lim menyebut, kebakaran itu membuat kelenteng rusak parah. Terutama di ruang sembahyang.

“Informasi kebakaran pertama kali kita dapat sekitar pukul 00.30 WIB. Armada BPASP langsung meluncur ke lokasi. Selang 20 menitan, api langsung bisa dikendalikan. Namun kondisi kelenteng  rusak parah,” tutupnya. (Yak).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *