Arif Joni: Maksimalkan Ibadah Ramadan, Jadi Pribadi Lebih Baik

Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Arif Joni. (Muhlis/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Anggota DPRD Kalbar sekaligus Ketua DPW PKS Kalbar, Arif Joni Prasetyo mengajak umat Islam memaksimalkan ibadah selama bulan suci Ramadan. Sebab, dengan ibadah semakin mendekatkan diri kepada Allah guna menjadi pribadi lebih baik.

Arif mengatakan, ibadah Ramadan mulai berpuasa, tilawah Alquran, tarawih dan zikir akan mendekatkan diri kepada Allah, atau hablum minallah.
Selain itu, ibadah Ramadan juga mendekatkan diri sesama manusia, hablum minnnaas, seperti sedekah, menolong orang lain, zakat dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Berlimpahnya pahala Ramadan dan keberkahan harus menjadi kesempatan emas untuk diraih. Tak heran Nabi Muhammad selalu menganjurkan agar amal seseorang bermanfaat bagi orang lain dan membantu sesama sebagaimana Rasulullah bersabda.

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain,” (HR Thabrani).

Sementara dalam hadis HR. Ahmad kata Arif dijelaskan, siapa bersedekah memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.

Di sisi lain, keutamaan sedekah akan membuat hubungan dekat antara yang memberi dan yang menerima. Sehingga hubungan sosial, atau hablum minannaas menjadi baik.

Dalam hadits lain Rasulullah bersabda, “Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia lainnya. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beriktikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh, “(HR. Thabrani)

Sungguh luar biasanya memenuhi hajat orang lain itu, masuk dalam amalan yang besar pahalanya dibanding amalan iktikaf. Untuk itu, jika ingin menggapai cinta Allah, berusahalah agar manusia tersenyum bahagia. Salah satunya peduli dengan orang lain.

“Kita bisa berbagi takjil, memberi makanan. Bisa juga membantu orang yang perlu dibantu. Semoga Ramadan ini dan seterusnya Allah jadikan kita orang-orang yang dicintainya dan menjadi orang yang terbaik dan peduli pada sesama. Amin Ya Rabbal Alamin,” pungkasnya. (Andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *