Kasus Covid-19 Sintang Melonjak, Tempat Isolasi Pasien Nyaris Penuh

Kadiskes Kalbar, Harrison saat meninjau kondisi Kabupaten Sintang pasca lonjakan kasus Covid-19. (Ist)

SINTANG, insidepontianak.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Harisson mengatakan, kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang cukup memprihatinkan. Tempat isolasi pasien konfirmasi nyaris penuh.

“Kondisi rumah sakit untuk hunian kasus terkonfirmasi Covid-19 sudah hampir 80 persen. Ini benar-benar mengkhawatirkan,” kata Harisson saat melakukan razia protokol kesehatan di warung kopi bersama Wakil Bupati Sintang, di Jalan Lintas Melawi Sintang, Kamis (15/4/2021) malam.

Bacaan Lainnya

Kondisi itulah, yang membuat dirinya ditugaskan langsung oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji untuk melihat atau meninjau langsung penanganan Covid-19 di Kabupaten Sintang. Selain itu memberikan masukan dan saran.

“Jadi sementara kita ke sini melihat dan menyarankan strategi apa yang harus dilakukan tim Satgas Covid-19 Pemkab Sintang,” ujar Harisson.

Harisson mengatakan, Pemkab Sintang telah memutuskan pemberlakukan jam malam sampai pukul 20.00 WIB. Selain itu, juga dilakukan swab antigen maupun PCR secara massal guna tracing penyebarannya.

“Kalau nanti yang memang CT nya rendah itu harus diisolasi supaya tidak menularkan ke yang lain. Sementara yang C tinggi atau viral load rendah, harus diisolasi di rumah secara mandiri, tapi harus diawasi oleh Satgas desa atau kecamatan,” pungkasnya. (Andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *