Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkab Sintang Perketat Pemeriksaan Swab

Wabup sintang, Sudiyanto. (Ist)

SINTANG, insidepontianak.com – Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto memastikan pihaknya akan memperketat pemeriksaan swab antigen kepada masyarakat, guna menekan penyebaran Covid-19 yang meningkat di Sintang.

Dia juga akan memberi sanksi kepada warung kopi yang tutup di luar jam operasional.

Bacaan Lainnya

“Satgas Covid-19 Kabupaten Sintang akan memperketat pengawasan dan secara intesif melakukan pemeriksaan test swab antigen kepada masyarakat,” kata Sudiyanto saat melakukan razia protokol kesehatan di warung kopi, Jalan Lintas Melawi Sintang, bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Harisson, Kamis (15/4/2021) malam.

Sudiyanto mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat juga diharapkan memeriksakan diri apabila merasa demam.

“Kalau demam, sakit atau apa harus segera memeriksa diri ke tempat pelayanan kesehatan. Jadi jujur itu sangat penting,” pesannya.

Selain itu, pemilik usaha pun telah diberi peringatan untuk mematuhi jam operasional yang ditentukan. Mereka pun diminta terus menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari jarak meja dan kursi serta menyediakan tempat cuci.

“Tentu kita ingatkan, karena ini kan tingkatnya persuasif, kita ingin usaha tetap jalan, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan itu wajib, terutama jam operasionalnya,” jelasnya.

Apabila nanti ditemukan pemilik usaha yang buka melebihi jam operasional, pihaknya pun memastikan akan memberikan sanksi.

“Jika lewat dari jam operasional kita akan lakukan tindakan,” jelasnya.

Razia prokes, Kamis (16/4/2021) malam, menjaring 76 orang. Mereka terdiri dari enam penjaga warkop dan 70 pengunjung. Dari pemeriksaan swab test antigen satu pengunjung dinyatakan positif, dan langsung dibawa ke tempat karantina di Rusun RSUD Ade M Djeon Sintang untuk swab test PCR. (Andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *