Wabup Ontot Tegaskan Pemkab Sanggau Selalu Bina Umat

Wakil Bupati Sanggau
Wakil Bupati Sanggau Resmikan Gereja Katolik Kristus Raja Stasi Kenaman Paroki St. Paulus di Desa Kenaman, Kecamatan Sekayam, Minggu (18/04/2021) pukul 09.00 WIB. (Foto Komifo Sanggau)

SANGGAU, insidepontianak.com – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot meresmikan dan mendampingi Uskup Sanggau, Mgr Yulius Mencucini melakukan pemberkatan Gereja Katolik Kristus Raja Stasi Kenaman Paroki St. Paulus di Desa Kenaman, Kecamatan Sekayam, Minggu (18/04/2021) pukul 09.00 WIB.

Rombongan Wakil Bupati Sanggau dan Uskup Sanggau, Mgr Yulius Mencucini disambut dengan upacara adat, serta tarian daerah oleh masyarakat setempat. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai nama gereja oleh Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, bersama Ketua DPRD Kabupaten Sanggau. Ada pengguntingan pita, selanjutnya dilaksanakan penandatanganan prasasti oleh Wakil Bupati Sanggau dan Uskup Sanggau.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah bersama para pemimpin agama, terus melakukan pembinaan kepada setiap umat beragama di Kabupaten Sanggau, dalam mewujudkan Sanggau Budiman (Berbudaya dan Beriman).

“Untuk mendorong hal itu, pemerintah daerah telah menganggarkan untuk bantuan kepada umat dalam pembangunan sarana ibadahnya, namun swadaya masyarakat/umat sangatlah diperlukan sebagai bukti kesungguhan dan kekompakan umat tersebut terlebih dalam menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat,” tutur Wakil Bupati Sanggau.

“Peresmian Gereja Katolik Stasi Kenaman Paroki St. Paulus hari ini, tentu mengikuti prokes Pemerintah. Mari kita tetap mematuhi prokes dan jangan bosan-bosan menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak demi kesehatan kita bersama,“ ujar Ontot.

Terkait gereja yang sudah diresmikan, ia berpesan kepada umat, untuk memelihara dan menjaga kebersihan bangunan tersebut. Selain itu, rajin berdoa dan memanfaatkan dengan kegiatan-kegiatan kerohanian.

“Selamat kepada umat Stasi Kenaman. Semoga iman masyarakat semakin bertumbuh,” kata Onto.

Wakil Bupati Sanggau mengatakan, pemerintah daerah telah mengucurkan dana kurang lebih Rp 300 juta untuk pembangunan gereja. Ia berharap, proses pembinaan iman.

Ketua panitia pembangunan Gereja Katolik Kristus Raja Stasi Kenaman Paroki St, Paulus Sitompul dalam laporannya mengucapkan syukur kepada Tuhan, dan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan mendukung, baik dana maupun doa selama proses pembangunan Gedung gereja tersebut.

Adapun sumber dana dihimpun dari swadaya umat, dana hibah Provinsi Kalimantan Barat, dana hibah Pemerintah Paerah Kabupaten Sanggau, Bantuan Pemerintahan Desa, Sumbangan dari Keuskupan, para donator serta usaha dana lainnya.

Uskup Sanggau Mgr. Yulius Mencuccini, CP dalam sambutannya mengatakan, “Gereja ini dibangun atas dasar iman dan bukti cinta umat kepada Allah. Oleh karena itu, berkumpullah dan berdoalah, maka Tuhan hadir,” ujar Uskup.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi, Asisten Bidang Pemerintahan Hukum dan HAM Setda Yakobus, Camat Sekayam Junaedi, Kepala Desa Kenaman, Forkopimcam Kecamatan Sekayam, perwakilan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, para umat serta tamu undangan lainnya. (ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *