Tumpahan CPO di Sungai Sejangkung Sambas Cemari Lingkungan

CPO Tumpah di Sungai Sejangkung
TUMPAH - Tumpahan CPO mencemari Sungai Senjangkung, Sambas, Senin (19/4/2021). (Ist).

SAMBAS, insidepontianak.com – Tumpahan Crude Palm Oil (CPO) cemari Sungai Senjangkung, Desa Parit Raja, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas, Senin (19/4/2021).

Ketua Lembaga Wahana Pelestarian Alam Nusantara (Wapatara) Kabupaten Sambas, Andre Mahyudi pun turun langsung ke lokasi untuk melihat seberapa parah kondisi sungai yang tercemar.

Bacaan Lainnya

Dia meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas, segera mengambil tindakan dan mengusut siapa pihak yang bertanggungjawab atas pencemaran tersebut.

“Tumpahan CPO yang mencemari Sungai Senjangkung ini harus segera dibersihkan. Pemerintah daerah harus mengusut siapa yang bertanggungjawab atas pencemaran ini,” katanya.

Andre mengatakan, dampak dari pencemaran lingkungan oleh limbah CPO tersebut, menyebabkan warga sekitar tak bisa memanfaatkan air sungai untuk keperluan Mandi Cuci Kakus (MCK).

“Warga Desa Parit Raja belum memiliki PDAM. Mereka semua memanfaatkan air Sungai Sejangkung untuk keperluan sehari-hari. Tumpahan CPO ini, tentu sangat membahayakan mereka,” katanya.

Dari informasi yang dihimpun insidepontianak.com, tumpahan CPO tersebut berasal dari kapal pengangkut yang mengalami kebocoran.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak yang bertanggungjawab atas pencemaran lingkungan tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *