DPRD Gelar Paripurna LKPJ Gubernur 2020, Norsan: IPM dan Infrastruktur Jadi Rekomendasi

  • Bagikan
Ketua DPRD Kalbar, M Kebing menyerahkan keputusan DPRD Kalbar tentang rekomendasi LKPJ Gubernur Tahun Anggaran 2020, kepada Wakil Gubernur, Ria Norsan, Senin (20/4/2021) pagi. (Adpim/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalbar menggelar paripurna terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LPKJ) Gubernur Tahun Anggaran 2020, Selasa (20/4/2021).

Agenda itu dipimpin Ketua DPRD, M Kebing, Wakil Ketua DPRD, Prabasa Anantatur, Suriansyah serta Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan. Pada kesempatan itu, DPRD menyoroti rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalbar, dan masih buruknya infrastruktur Kalbar.

Wagub Kalbar, Ria Norsan mengatakan, ada beberapa rekomendasi DPRD kepada pemerintah provinsi. Salah satunya terkait IPM, dan infrastruktur jalan yang masih banyak rusak.

“Ini yang menurut mereka belum maksimal dil apangan. Nanti kita lihat di lapangan jika memang belum akan kita perbaikan,” kata Ria Norsan, di Ruang Balairungsari DPRD Kalbar, Jalan Ahmad Yani Pontianak.

Menurutnya, anggaran infrastruktur jalan dalam tahun 2020 kemarin, memang belum maksimal. Sebab, dana tersedot untuk penanganan pandemi Covid-19.

“Insyaallah di tahun 2021/2022 ini, akan difokuskan kembali untuk pembangunan infrastruktur jalan,” jelasnya.

Selain jalan dan IPM, DPRD juga memberikan rekomendasi terhadap angka kemiskinan di Kalbar yang tidak sinkron dengan data yang ada. Angka kemiskinan antara BPS dan Dukcapil Kalbar, diminta harus selaras.

“Ini nanti juga akan dilihat. Bapak Gubernur sudah mengisyaratkan agar instansi di Kalbar menggunakan satu data, contoh angka jumlah penduduk antara Pemprov atau di Dukcapil dengan BPS itu tidak sama. Kalau di Dukcapil setiap hari mengaudit, tapi kalau BPS biasanya setahun sekali baru mengaudit. Itu yang menyebabkan tak sinkron,” tutupnya. (Andi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: